nusabali

Badung Gelar Uji Kompetensi 1.920 PNS

  • www.nusabali.com-badung-gelar-uji-kompetensi-1920-pns

DENPASAR, NusaBali - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Badung menggelar kegiatan uji kompetensi kepada 1.920 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung.

Uji kompetensi berupa fasilitasi Computer Assisted Competency Test (CACT) dipusatkan di kantor Regional X Badan Kepegawaian Negara (BKN) Denpasar, Kamis (12/10).

Kegiatan uji kompetensi dibuka secara resmi oleh Sekretaris Utama BKN, Hj Imas Sukmariah. Uji kompotensi tersebut akan digelar selama 10 hari, yang dibagi dua sesi setiap harinya.

Kegiatan turut dihadiri Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Setda Badung I Wayan Weda Dharmaja, Sekretaris BKPSDM AA Ngurah Wirayasa, Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar Yudhantoro Bayu Wiratmoko, Kepala Pusat Penilaian Kompetensi ASN Bajoe Loedi Hargono, Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Myrna Amir.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Setda Badung I Wayan Weda Dharmaja, mengatakan Pemkab Badung telah memfasilitasi untuk mengadakan sertifikasi uji kompetensi para pegawai di lingkungan Pemkab Badung. Dalam hal ini, Badung di bawah kepemimpinan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dan Wakil Bupati I Ketut Suiasa berkomitmen untuk selalu ingin meningkatkan kompetensi kinerja di lingkungan Pemkab Badung.

“Dalam kegiatan ini ada 1.920 pegawai di lingkungan Pemkab Badung yang diuji kompetensi dan nantinya kita akan memiliki data untuk ASN di lingkungan Pemkab Badung. Tentu pada saat promosi atau pada saat mutasi, akan mempermudah mengetahui keahlian dari ASN yang bersangkutan, terutama untuk mempermudah penempatan,” ujarnya.

Pihaknya berharap melalui uji kompetensi yang dilakukan, nantinya bisa menempatkan pegawai sesuai dengan kompetensi dan keahlian yang dimiliki. Dengan harapan mereka bisa menunjukkan kinerja terbaik. “Tentu dengan kinerja terbaik yang ditujukan kepada masyarakat, setiap tahun akan terus meningkat, lebih bagus, lebih cepat, dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu Sekretaris Utama BKN Hj Imas Sukmariah dalam sambutannya menyampaikan melalui kegiatan ini tentunya diharapkan tidak hanya untuk melihat potensi kompetensi yang dimiliki dari pegawai di lingkungan Pemkab Badung. Namun, nantinya bisa juga mendata kompetensi yang dimiliki, termasuk kompetensi manajerial, terutama untuk pejabat fungsional madya.

Lebih lanjut dikatakan, potret potensi kompetensi ini bisa dinilai secara betul-betul sesuai keahlian yang dimiliki. Dengan hasil penilaian kompetensi ini tentu diharapkan pejabatnya memiliki kompetensi yang sesuai. Apalagi Pemkab Badung yang memiliki PAD yang tertinggi dari sektor pariwisata. Dengan demikian, dengan potret kompetensi PNS-nya, bisa membawa pariwisata yang sudah maju, menjadi lebih maju lagi. Bahkan, tak hanya di sektor pariwisata saja, namun juga bisa menggali potensi-potensi lain di luar pariwisata seperti UMKM.

“Semoga komitmen dari pimpinan bisa dimanfaatkan dan hasilnya akan ditarik datanya melalui Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN). Tentu ini juga akan mempercepat suksesi planning di lingkungan Pemkab Badung,” katanya. @ ind

Komentar