nusabali

Revitalisasi Bale Penegtegan di Situs Cagar Budaya

  • www.nusabali.com-revitalisasi-bale-penegtegan-di-situs-cagar-budaya
  • www.nusabali.com-revitalisasi-bale-penegtegan-di-situs-cagar-budaya

GIANYAR, NusaBali - Kapolres Gianyar AKBP Ketut Widiada menyerahkan bantuan revitalisasi situs budaya atau agama berupa perbaikan Bale Penegtegan di Pura Bukit Dharma Durga Kutri, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Jumat (13/10).

Kapolres menyerahkan bantuan kepada Bendesa Adat Kutri I Wayan Jembong Arimbawan didampingi pejabat utama Polres Gianyar dan Kapolsek Blahbatuh. 

Sebelum menyerahkan bantuan, personel Polres Gianyar dan Polsek Blahbatuh mengawali dengan mareresik (bersih-bersih) di areal pura. 

AKBP Ketut Widiada mengatakan, perbaikan atap Bale Penegteg di Pura Bukit Durga Kutri adalah kegiatan kedua kalinya. Kegiatan lanjutan setelah renovasi toilet umum di nista mandala pada Juni lalu. 

“Revitalisasi situs budaya atau agama adalah program Bapak Kapolri serangkaian Hari Bhayangkara Ke-77 tanggal 1 Juli 2023 dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan meringankan beban masyarakat,” ujar AKBP Widiada. 

AKBP Widiada berharap, Bale Penegteg dan toilet yang sudah direvitalisasi dijaga dan dirawat dengan baik sehingga bermanfaat bagi pangempon pura dan pamedek. 

Bendesa Adat Kutri I Wayan Jembong Arimbawan mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Gianyar dan jajaran atas bantuan revitalisasi pada bangunan toilet di nista mandala dan atap Bale Peneteg di utama mandala. 

“Bantuan ini sangat bermanfaat bagi warga pangempon pura dan pamedek dalam kegiatan upacara keagamaan,” ujar Wayan Jembong. 7 nvi

Komentar