nusabali

KPK Kunjungan Kerja ke Klungkung

  • www.nusabali.com-kpk-kunjungan-kerja-ke-klungkung

SEMARAPURA, NusaBali - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI menggelar kunjungan kerja ke Kabupaten Klungkung. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menerima rombongan KPK di ruang rapat Kantor Bupati Klungkung, Jumat (13/10).

Rombongan KPK dipimpin Kasatgas Nurul Ichsan. Pertemuan ini untuk menyampaikan masukan hasil pantauan lapangan pemanfaatan elektronifikasi/digitalisasi pendapatan pajak hotel dan restoran (PHR), retribusi (enterance gate), dan potensi pendapatan asli daerah (PAD) di Kecamatan Nusa Penida. Harapannya, potensi kebocoran retribusi dan pajak bisa diminimalkan.

Rombongan KPK telah melakukan monitoring ke Pelabuhan Sampalan dan Pelabuhan Banjar Nyuh, Nusa Penida untuk memantau dan mengamati sistem pemungutan retribusi wisatawan. Rombongan juga mengunjungi beberapa usaha wajib pajak seperti hotel dan restauran. Nurul Ichsan mengatakan, aplikasi pungutan PHR agar lebih akurat dan mudah dalam melakukan pengawasan. 

Koordinasi antara Pemkab Klungkung dan BPD Bali selaku pemungut dan penampung pajak lebih ditingkatkan, perlu penambahan mesin. Pemkab Klungkung disarankan mohon pengelolaan Pelabuhan Sampalan ke Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD). Jika dikelola Pemkab Klungkung, pengawasan kinerja dan perawatan fisik pelabuhan akan lebih cepat dan mudah dilakukan. 7 wan

Komentar