nusabali

Fadli Zon: Indonesia Konsisten Bela Kedaulatan Palestina

  • www.nusabali.com-fadli-zon-indonesia-konsisten-bela-kedaulatan-palestina

JAKARTA, NusaBali - Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon menegaskan, Indonesia konsisten membela kedaulatan Palestina yang saat ini konflik dengan Israel.

Lantaran sesuai dengan amanat konstitusi dalam Pembukaan UUD 1945, yang menyebutkan penjajahan di atas dunia harus dihapuskan.

"Kita komitmen karena sesuai konstitusi. Penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Maka terkait situasi saat ini, saya tegaskan Indonesia konsisisten membela Palestina,” ujar Fadli Zon saat konfrensi pers di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (10/10).

Terlebih secara nyata dan sangat jelas, Israel kerap melanggar perjanjian-perjanjian internasional terhadap resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Bahkan, hampir setiap tahun selalu terjadi pelanggaran. Antara lain, dengan penjarahan terhadap tanah milik warga Palestina.

Oleh karena itu, kata politisi dari Fraksi Gerindra ini, yang dilakukan oleh Palestina merupakan sebuah upaya dalam mempertahankan hak mereka untuk mempertahankan kedaulatan negara. Sebab, Israel telah menjarah tanah-tanah mereka. "Kalau kita melihat konteks saat ini, apa yang dilakukan Palestina merupakan suatu upaya untuk mempertahankan diri dan mempertahankan tanah-tanah mereka yang dijarah oleh Israel," terang Fadli Zon. Fadli Zon menyampaikan, dirinya belum mengetahui jumlah korban di sana. Yang pasti, lanjut Fadli Zon, ada ribuan orang yang luka dan cedera.

Bagi Fadli, saat ini merupakan momentum tepat untuk mengembalikan pengakuan dunia atas kemerdekaan dan kedaulatan Palestina. Hal itu sama saat Indonesia berupaya meraih pengakuan dunia atas kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda dulu. "Ini mirip seperti kita dulu saat dijajah Belanda pada fase revolusi mempertahankan kemerdekaan, karena saat itu Belanda mengatakan, Indonesia tidak ada," kata Fadli. Fadli berharap, perang Palestina-Israel segera dapat diselesaikan melalui negosisasi secara damai dengan mengikuti aturan-aturan berlaku. k22

Komentar