nusabali

Mobil VW Kodok Komisioner KPPAD Bali Terbakar

Saat Tengah Melaju di Jalan Raya Guwang, Sukawati

  • www.nusabali.com-mobil-vw-kodok-komisioner-kppad-bali-terbakar

GIANYAR, NusaBali - Mobil VW (Volkswagen) Beetle (VW Kodok) milik komisioner Komisi Penyelenggara Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Provinsi Bali, Ir Made Ariasa, 56, mendadak terbakar saat melaju di Jalan Raya Guwang perbatasan Banjar Tegal dan Banjar Buluh, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Selasa (10/10). Mobil klasik ini diduga terbakar akibat terjadinya korsleting.

Made Ariasa ketika dikonfirmasi mengatakan peristiwa itu terjadi, Selasa kemarin pukul 11.10 Wita. Awalnya, komisioner asal Desa Mas, Kecamatan Ubud, Gianyar ini mengemudikan mobil kesayangannya ini dari arah utara (Ubud) ke selatan. Ariasa ketika itu berangkat dari rumahnya hendak ke Denpasar. Setiba di TKP, bagian belakang mobil mulai keluar asap hingga percikan api. Made Ariasa pun bergegas menyelamatkan diri sembari minta pertolongan warga sekitar. Meski bertaruh nyawa, Ariasa masih sempat menyelamatkan barang berharga seperti laptop, tas dan TV LED.

Namun begitu berhasil keluar, anehnya mobil masih melaju pelan. Warga sekitar pun sempat khawatir, mobil akan menabrak warung warga. Sehingga ban depan mobil diganjal menggunakan balok kayu. Meski demikian, mobil putih itu tetap melaju hingga ban depan naik trotoar. Saat itulah mobil baru bisa berhenti. "Warga membantu menyiram dengan alat manual, kemudian datang mobil pemadam kebakaran," jelasnya.

Ariasa mengaku sangat sedih, sebab mobil tua keluaran tahun 1973 tersebut merupakan kendaraan yang menemaninya selama menjalankan misi perlindungan kekerasan terhadap anak di Provinsi Bali. Dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Sukawati Kompol I Wayan Johni Eka Cahyadi SE melalui Kanit Lantas AKP I Made Weta mengungkapkan mobil yang dikendarai korban Jenis VW Beetle (Kodok) warna putih DK1902 LB. Mobil sempat meledak kemudian mengeluarkan asap tebal dan api.

"Korban berusaha mengeluarkan barang bawaanya berupa laptop, TV, tas dan beberapa dokumen, selanjutnya saksi lain yang melihat di dekat lokasi kejadian langsung menelepon Petugas Polsek Sukawati dan Pemadam Kebakaran Unit Sukawati. Sambil menunggu mobil pemadam datang, korban dan saksi dibantu warga setempat, berusaha padamkan api secara manual," jelasnya. Berselang 10 menit, 1 unit mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi kejadian langsung padamkan api dibantu petugas Lalulintas Polsek Sukawati melakukan pengaturan cegah kemacetan dan selang 5 menit api dapat dipadamkan. "Selanjutnya kendaraan dipindahkan ke pinggir jalan agar tidak menghalangi arus lalulintas," jelasnya.

Atas kejadian tersebut tidak terdapat korban jiwa dan hanya mengalami kerugian meteriil di perkirakan sebesar Rp 20 juta-an dan korban menerima kejadian tersebut sebagai musibah. "Dari hasil pengamatan petugas dan keterangan korban pemicu dari kebakaran tersebut diduga akibat dari arus pendek listrik (Korsleting) dan bahan bakar bensin yang mudah terbakar, serta keadaan mobil yang sudah tua," jelas AKP Weta.

Dikutip dari Wikipedia, Volkswagen (VW) Beetle, atau Volkswagen Tipe 1, adalah sebuah mobil kecil yang diproduksi oleh Volkswagen. Juga dikenal dengan VW Kodok di Indonesia atau Bug di Amerika Serikat, atau Käfer di Jerman. VW Kodok merupakan salah satu mobil yang paling mudah dikenal di dunia, dikarenakan oleh bentuknya yang khas, bunyinya yang unik, dan kehandalannya.

VW Kodok diproduksi mulai tahun 1938 sampai 2003, walau sempat terhenti oleh Perang Dunia II. Pada rentang masa yang panjang ini, lebih dari 21 juta VW Kodok dibuat.

Dalam sebuah polling internasional untuk penghargaan mobil yang paling berpengaruh, VW Beetle menempati peringkat keempat setelah Ford Model T, Mini dan Citroën DS. 7 nvi

Komentar