nusabali

Tiga Desa Disasar Gebyar Vaksinasi Rabies

  • www.nusabali.com-tiga-desa-disasar-gebyar-vaksinasi-rabies

TABANAN, NusaBali - Kabupaten Tabanan menggelar Gebyar Vaksinasi Rabies di tiga desa. Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia sekaligus dalam upaya mencegah penurunan angka  rabies baik dari zoonosis ke zoonosis atau zoonosis ke manusia.

Tiga desa yang menjadi sasaran Gebyar Vaksinasi Rabies yakni Desa Luwus, Kecamatan Baturiti, Desa Pangkung Karung, Kecamatan Kerambitan dan Desa Gadung Sari, Kecamatan Selemadeg Timur. Gebyar vaksinasi rabies di tiga desa tersebut dilaksanakan Jumat (5/10) lalu. 

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Tabanan, drh Gede Eka Parta Ariana mengatakan vaksinasi massal dilakukan bagian dari menurunkan penyebaran rabies di Tabanan. Sekaligus untuk memperingati Hari Rabies Sedunia. "Kami gelar di tiga desa itu karena kasus gigitan cukup tinggi," ujarnya, Minggu (8/10). 

Disebutkan vaksinasi massal di tiga desa tersebut, sebanyak 1.056 ekor anjing berhasil divaksin. Diharapkan dengan divaksinnya anjing tersebut, kasus gigitan menurun. "Sekarang kalau total dari Januari hingga September sudah ada 16 gigitan kasus," ungkapnya.

Parta Ariana menambahkan tak hanya gebyar vaksin saja dilakukan untuk mencegah kasus gigitan rabies. Namun vaksinasi terjadwal dilaksanakan menyasar seluruh kecamatan di Tabanan. 7des

Komentar