nusabali

Bawaslu Klungkung Deklarasi Damai Pemilu 2024

  • www.nusabali.com-bawaslu-klungkung-deklarasi-damai-pemilu-2024

SEMARAPURA, NusaBali - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Klungkung bersama stakeholder terkait melaksanakan Deklarasi Damai Pemilu 2024 di sebuah resort di Klungkung, Sabtu (7/10). Bawaslu bersama Polres Klungkung juga akan memaksimalkan pencegahan hoaks yang bernarasi negatif.

Deklarasi Damai dihadiri Ketua Bawaslu Provinsi Bali I Putu Agus Tirta Suguna, Ketua Bawaslu Klungkung I Komang Supardika, Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta, Dandim 1610/Klungkung Letkol Inf Armen dan stakeholder terkait.

Ketua Bawaslu Klungkung, Supardika berharap Pemilu Serentak 2024 dapat berjalan lancar dan damai.  Untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya siap berkolaborasi dengan seluruh stakeholder yang terlibat dalam pemilu, baik penyelenggara, pemilih dan peserta. “Kita ingin Pemilu 2024 berjalan damai dan tertib,” ujar Supardika.

Sementara Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta mengatakan saat ini pemilu sudah semakin dekat, sehingga suhu politik mulai menghangat. Kata dia, pihak kepolisian akan melaksanakan pengamanan secara maksimal. “Kami dari kepolisian telah menyiapkan operasi cipta kondisi dalam rangka pengamanan Pemilu 2024 supaya berjalan damai,” ujar Sadiarta.

Selain itu, kata Kapolres Sadiarta, pihak keamanan juga melakukan upaya preventif dan pencegahan melalui patroli dunia maya (cyber patrol). Adapun yang menjadi atensi pihaknya, seperti ujaran kebencian, berita hoaks dan narasi negatif lainnya yang banyak bertebaran di Medsos. “Kita mengharapkan pengguna medsos wajib saring-saring informasi sebelum sharing ke medsos,” tegasnya.

Berkaitan dengan dukungan pengawasan yang dilakukan Bawaslu Klungkung, Sadiarta mengaku pihaknya telah menyiapkan penyidik yang tergabung dalam sentra Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu) apabila terdapat pelanggaran pemilu.

Sementara Dandim 1610/Klungkung Letkol Inf Armen 
mengimbau peserta pemilu menjaga ketertiban dan kedamaian secara bersama-sama. “Jangan sampai pemilu memutus rasa cinta, kasih sayang kita kepada sesama.  Pemilu sekarang mengeluarkan biaya yang tinggi, jangan sampai malah terjadi keributan," ujarnya.

Armen menjelaskan dalam Undang-undang TNI, ada yang disebut pengamanan selain militer, yakni membantu pengamanan di daerah jika ada permintaan dari pemerintah daerah. Maka pihaknya akan memaksimalkan peran dalam pengamanan pemilu nanti.

Sementara Ketua Bawaslu Bali I Putu Agus Tirta Suguna berpesan agar semua stakeholder di Kabupaten Klungkung menyamakan persepsi dan bersatu sehingga Pemilu 2024 dapat berlangsung lancar, tertib dan damai. “Semua harus terlibat bersama-sama untuk Pemilu 2024 berjalan damai dan tertib,” ujar Agus Tirta Suguna.n nat 

Komentar