nusabali

BPBD Jembrana Sudah Distribusikan 250.900 Liter Air Bersih

  • www.nusabali.com-bpbd-jembrana-sudah-distribusikan-250900-liter-air-bersih

NEGARA, NusaBali - Memasuki musim kemarau, Badan Penanggungan Bencana Daerah (BPBD) Jembrana terus mendistribusikan air bersih ke masyarakat. Selama hampir dua bulan sejak 16 Agustus hingga per Kamis (5/10) kemarin, telah didistribusikan sebanyak 250.900 liter air bersih.

Selain ke masyarakat, juga dilakukan distribusi air bersih ke sekolah. Salah satu sekolah yang rutin didistribusi air bersih, adalah SDN 1 Berangbang di Desa Berangbang, Kecamatan Negara. Dan yang teranyar pada Kamis kemarin, dilaksanakan pemasangan 2 tandon sekaligus distribusi 5.000 liter air bersih di SMAN 2 Mendoyo, Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo. 

"Kita pasang bantuan tandon dan air bersih di sana (SMAN 2 Mendoyo) untuk konsumsi dan MCK (mandi cuci kaki) terkait kegiatan perkemahan. Air yang ada di sekolah itu diperkirakan tidak cukup untuk perkemahan sehingga kita bantu air bersih," ujar Plt Kepala Pelaksana BPBD Jembrana I Putu Agus Artana Putra. 

Secara umum, saat ini terpetakan ada 6 tempat ataupun wilayah yang masih rutin dipasok air bersih. Di antaranya di Lingkungan Pancardawa dan Lingkungan Dewasana, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, dengan jumlah warga terdampak sekitar 200 kepala keluarga (KK). Di Banjar Sekar Kejula Kelod, Desa Yehembang Kauh, Kecamatan Mendoyo, dengan warga terdampak sekitar 140 KK. 

Di Banjar Sekar Pancasari, Desa Mendoyo Dauh Tukad, Kecamatan Mendoyo, dengan warga terdampak sekitar 100 KK. Di Lingkungan Sawe Rangsasa, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, dengan warga terdampak sekitar 20 KK. Dan satu sekolah, yakni SDN 1 Berangbang, Desa Berangbang, Kecamatan Negara. 

Untuk mempermudah distribusi air bersih, Agus Artana menjelaskan, ada 6 tandon air yang dipasang ke sejumlah wilayah tersebut. Di antaranya masing-masing 1 tandon di Lingkungan Pancardawa dan Lingkungan Dewasana, 2 tandon di Banjar Sekar Panca Sari, dan 2 tandon di Banjar Sekar Kejula Kelod. 

"Kita pasang tandon untuk wilayah yang masyarakat terdampak cukup banyak dan tidak ada bak penampungan. Tetapi kalau sudah ada bak penampungan, kita cukup bantu distribusi," ucap Agus Artana.

Dari total 250 ribu liter lebih air bersih yang telah didistribusikan selama dua bulan terakhir ini, kata Agus Artana, terbanyak adalah pendistribusian ke 6 wilayah tersebut. Di samping itu, pihaknya bersama petugas Damkar Satpol PP Jembrana juga sempat melayani permohonan air bersih untuk warga yang menggelar upacara keagamaan.

Menurut Agus Artana, sepanjang ada permintaan resmi dari pihak desa/kelurahan, jajaranya tetap siaga untuk membantu distribusi air bersih. Termasuk dari pihak PDAM Jembrana, dipastikan siap menyediakan air untuk masyarakat yang mengalami krisis air. "Sepanjang ada permohonan, kita siap distribusikan," pungkas Agus Artana. 7ode

Komentar