nusabali

O2SN Tingkat SD dan SMP Lombakan 3 Cabang Olahraga

  • www.nusabali.com-o2sn-tingkat-sd-dan-smp-lombakan-3-cabang-olahraga

AMLAPURA, NusaBali - O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) jenjang SD dan SMP Tingkat Kabupaten Karangasem melombakan dua cabang atletik dan bulu tangkis. Hanya saja, kali ini tidak memperebutkan tiket ke O2SN Tingkat Provinsi 2023, atau internal kabupaten.

Lomba cabang atletik berlangsung di Lapangan Yowana Wijaya, Jalan Untung Surapati, Amlapura, Selasa (3/10). Cabang atletik melombakan tiga nomor, yakni lari 80 meter, tolak peluru, dan loncat jauh. Tiap siswa merangkap di tiga nomor. O2SN untuk nomor atletik dengan peserta dari 8 SD dan 15 SMP.

Kepala Bidang SD dan SMP Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem I Gusti Bagus Jaya Arsana mengatakan, O2SN sempat tidak dilaksanakan karena pandemi Covid-19, tahun 2020 dan 2021. Tujuan O2SN, untuk menjaring bibit-bit atlet di tingkat pelajar, untuk menjalani pembinaan lebih lanjut. Selain itu, bertujuan memantau sejauh mana pembinaan siswa di bidang olahraga di Karangasem. ‘’Setiap sekolah yang ambil bagian, mengirim satu pasang, putra dan putri. Sebab, setiap siswa wajib mampu merangkap berlomba di tiga nomor itu,’’ jelasnya.

Kasek SMPN 2 Amlapura I Kadek Wirawan mengaku mengirim sepasang siswa. "Kan memang ketentuannya seperti itu, setiap siswa merangkap ikut lomba cabang atletik di tiga nomor," jelas Kadek Wirawan.

Kasek SMPN 3 Selat I Komang Gede Sudarsana  mengaku mengirim siswanya untuk cabang atletik dan bulutangkis. "Saya optimis di atletik bisa menang," jelasnya. Hasil sementara, siswa dari SMPN 3 Selat atas nama I Komang Subagia, mampu meloncat paling jauh, 5,10 meter. Tetapi, kata Sudarsana, hasil akhir merupakan kombinasi antara loncat jauh, lari, dan tolak peluru.7k16

Komentar