nusabali

Sasar Pedagang, Bawaslu Patroli Kawal Hak Pilih

  • www.nusabali.com-sasar-pedagang-bawaslu-patroli-kawal-hak-pilih
  • www.nusabali.com-sasar-pedagang-bawaslu-patroli-kawal-hak-pilih

TABANAN, NusaBali - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tabanan melaksanakan ‘Patroli Kawal Hak Pilih’ dengan menyasar pedagang pasar, Senin (2/10). Sudah ada tujuh pasar yang diawasi guna memastikan dan meyakinkan para pedagang sudah terdaftar sebagai pemilih di Pemilu 2024.

Pengawalan hak pilih ini dilakukan sesuai dengan instruksi Bawaslu RI Nomor 4 tahun 2023 tentang Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih. Hasil dari patroli itu masih nihil alias tidak ditemukan warga yang tercecer sebagai pemilih pemilu.

Ketua Bawaslu Tabanan Ketut Narta mengatakan, patroli yang dilakukan bagian dari memastikan dan meyakinkan warga Tabanan sudah terdaftar sebagai pemilih pasca telah ditentukan jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap) oleh KPU Tabanan. "Kita sasar pedagang karena pedagang ini tidak ada hari libur. Siapa tau saat coklit (pencocokan dan penelitian) tidak ada di rumah. Nah untuk antisipasi itu, kita lakukan patroli sasar pedagang di pasar tradisional, " ujar Narta, Senin (2/10).

Menurut Narta, tidak ada pedagang yang tercecer kemarin. Dari semua KTP yang diperiksa untuk dimasukkan ke dalam aplikasi, semuanya sudah sebagian besar terdaftar. "Tak hanya pedagang, kita juga lakukan pemeriksaan terhadap pengunjung," tegas Narta.

Untuk itu sebagai proses percepatan pengawasan, patroli pasar ini ditarget bakal tuntas pekan ini. Selanjutnya akan dijadwalkan melaksanakan patroli kawal hak pilih ke sekolah SMA/SMK di Tabanan. "Untuk ke sekolah ini kita juga menyasar pemilih baru, utamanya yang bakal berusia 17 tahun saat tanggal 14 Februari 2024 mendatang," tegas Narta.

Sejauh ini dalam proses ‘Patroli Pengawasan Hak Pilih’ kata Narta, Bawaslu akan terus melakukan koordinasi dengan KPU Tabanan. "Kita terus akan lakukan koordinasi supaya seluruh warga Tabanan yang memenuhi syarat sebagai pemilih bisa ikut menyuarakan hak pilih mereka," tandas mantan Komisioner KPU Tabanan ini. des

Komentar