nusabali

BPJS Kesehatan Buleleng Terapkan ‘I Care JKN’

Cegah Kesalahan Penegakan Diagnosa

  • www.nusabali.com-bpjs-kesehatan-buleleng-terapkan-i-care-jkn

SINGARAJA, NusaBali - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Singaraja, menerapkan ‘I Care Jaminan Kesehatan Nasional’ untuk mencegah kesalahan penegakan diagnosa atau overdosis obat.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Singaraja Endang Triana Simanjuntak mengatakan, layanan I Care JKN di Buleleng sudah diterapkan di RS Balimed Singaraja. "Ini salah satu kemudahan layanan BPJS Kesehatan. Dokter bisa melihat riwayat sakit pasien untuk menghindari overdosis misalnya ada alergi obat atau kesalahan penegakan diagnosa. Ini salah satu transformasi mutu layanan selain kemudahan layanan lainnya," ucap Triana Simanjuntak, Senin (2/10).

I Care JKN merupakan database rekam medis pasien yang dapat diakses oleh seluruh fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) dan fasilitas kesehatan rujukan (FKRTL) yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Dengan adanya I Care JKN, dokter dapat melihat riwayat penyakit pasien, alergi obat, dan obat-obatan yang pernah dikonsumsi pasien. Hal ini dapat membantu dokter untuk memberikan diagnosis yang tepat dan menghindari kesalahan penegakan diagnosa atau overdosis obat.

Selain penerapan I Care JKN, BPJS Kesehatan Cabang Singaraja juga terus melakukan transformasi mutu layanan lainnya, seperti simplifikasi administrasi pelayanan, peningkatan akses layanan kesehatan, dan percepatan penyelesaian pengaduan peserta.
"Transformasi mutu layanan ini bertujuan untuk memberikan akses, perlindungan finansial, dan kualitas layanan yang baik kepada seluruh peserta JKN," ujar Triana Simanjuntak.

Dalam kesempatan itu, BPJS Kesehatan Cabang Singaraja juga memberikan penghargaan kepada fasilitas kesehatan berkomitmen. Kategori Klinik Utama diberikan kepada Klinik Cortex, Klinik Pratama kepada Klinik Pratama Ganesha Bali. Kategori Tempat Praktek Mandiri Dokter (TPMD) diberikan kepada dr Luh Widi Astuti, Kategori Rumah Sakit Tipe D, penghargaan diberikan kepada RSUD Tangguwisia, Kategori Rumah Sakit Tipe C diberikan kepada RS Balimed Buleleng, dan Kategori Rumah Sakit Tipe B diberikan kepada RSUD Buleleng.7k23

Komentar