nusabali

300 Kader dari Bali Hadiri Rakernas PDIP

Pemilu 2024, Mega Ingatkan Seluruh Kader ‘Turun Gunung’

  • www.nusabali.com-300-kader-dari-bali-hadiri-rakernas-pdip

Badan Saksi Pemenangan Pemilu PDIP diminta juga harus mengaplikasikan berbagai teknologi terapan didalam mengamankan suara rakyat dalam Pemilu 2024

JAKARTA, NusaBali
300-an kader PDI Perjuangan (PDIP) Bali hadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP yang berlangsung di JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat dari 29 September-1 Oktober 2023. Mereka adalah ketua, sekretaris, bendahara, anggota Fraksi PDIP DPRD kabupaten/kota, provinsi dan DPR RI serta kepala daerah dan wakil kepala daerah.

"Kurang lebih ada 300-an kader PDIP Bali yang hadir di Rakernas ini," ujar Ketua DPD PDIP Bali, Wayan Koster saat ditemui NusaBali di lokasi Rakernas, Sabtu (30/9). Koster menyatakan, dalam Rakernas tidak ada penyampaian saran atau masukan dari daerah lantaran tidak ada agenda pandangan dari daerah-daerah. Selain itu, agenda Rakernas telah ditentukan.

Oleh karenanya, PDIP Bali tidak menyampaikan sikap atau usulan secara khusus. Apalagi, sudah ada pembekalan dari Ketua DPP PDIP Bidang Politik Puan Maharani, Sabtu kemarin. Menurut mantan anggota Komisi X DPR RI ini, dalam pembekalannya Puan membicarakan tentang strategi pemenangan Pemilu. Di mana, PDIP harus solid dalam menghadapi Pemilu 2024 mendatang. Sebagai Ketua DPD PDIP Bali, Koster siap melaksanakan. "Upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan konsolidasi partai agar solid," tegas Koster. Koster sendiri dalam Rakernas mendapat kepercayaan membacakan Dedication of Life yang ditulis Bung Karno pada 10 September 1966.

Pembacaan Dedication of Life dilakukan saat pembukaan Rakernas, Jumat (29/9). Koster mendapat penugasan itu langsung dari Ketua DPP Bidang Ekonomi Kreatif dan Ekonomi Digital PDIP M Prananda Prabowo yang juga putra dari Ketum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. Koster mendapat informasi untuk membacakannya pada, Kamis (28/9) sore. Bagi Koster, membaca Dedication of Life tersebut merupakan pertama kali.

Dia tidak merasa grogi saat membacanya di hadapan Ketum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden KH Maruf Amin, para menteri maupun ribuan kader yang hadir di Rakernas. Sebab dia hanya membaca apa yang dituliskan Bung Karno kata per kata tanpa intonasi. Ketika membacakan Dedication of Life, lanjut Gubernur Bali Periode 2018-2023 ini, harus tanggap dengan perasaan bagaimana suasana kebathinan Bung Karno pada saat menghadapi situasi tahun 1965-1966. Menurut Koster, Dedication of Life yang ditulis Bung Karno memiliki pesan sangat mendalam. "Kita semua, bangsa Indonesia harus punya dedikasi tinggi. Mengabdi kepada tuhan, tanah air dan bangsa," papar Koster.

Sementara Sekjen DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan dalam hari kedua Rakernas IV PDIP, Sabtu kemarin digelar secara tertutup. Ketum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri pun memberikan pembekalan dan gemblengan selama dua setengah jam. Politikus asal Jogjakarta ini menuturkan, Megawati mengingatkan agar seluruh kader PDIP dalam Pemilu 2024 untuk bergerak turun ke bawah menyatu dengan rakyat alias ‘turun gunung’.

“Tiga pilar partai harus bergerak tanpa ragu-ragu. Bergerak dengan penuh keyakinan, penuh narasi, mewujudkan Indonesia yang berdaulat di bidang pangan dan pentingnya membangun kualitas sumber daya manusia Indonesia, melalui peningkatan kualitas pendidikan, penguasaan ilmu pengetahuan, riset dan inovasi, dan partai menyelesaikan masalah-masalah rakyat. Bahkan persoalan terkait stunting pun dibahas secara detail,” ungkap Hasto.

Selain itu, dia juga mengungkapkan bagaimana kerja sama pemenangan Pilpres dengan tiga partai pendukung bakal calon presiden Ganjar Pranowo.

“Juga bagaimana kerja sama pemenangan Pemilu Presiden dengan PPP, Perindo, dan Hanura, serta merangkul kekuatan relawan (turut dibahas),” tutur Hasto. Megawati, lanjut Hasto, menegaskan pula tentang pentingnya saksi Pemilu, serta regu penggerak pemilih yang juga harus dipersiapkan.

“Dan Pak Arif Wibowo ditunjuk sebagai Ketua Badan Saksi Pemenangan Pemilu yang juga harus mengaplikasikan berbagai teknologi terapan di dalam mengamankan suara rakyat. Sehingga setelah arahan Ibu Megawati hari ini dilakukan pembahasan terhadap penggunaan artificial intelligence di dalam pemenangan Pemilu, di dalam mengorganisasi rakyat. Tetapi intinya tetap sama, turun ke bawah menyatu dengan rakyat untuk memenangkan Pak Ganjar Pranowo dan PDI Perjuangan,” kata Hasto.

Sebelum memberikan arahan, Megawati menghadiri Pameran Pangan Plus 2023. Acara Pameran Pangan Plus 2023 ini merupakan bagian dari acara Rakernas IV PDIP yang mengusung tema 'Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia' dengan sub tema 'Pangan Sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia Bagi Dunia'.

Foto: Megawati Soekarnoputri (kiri) didampingi Ganjar Pranowo (kedua kiri) dan Ketua DPP Prananda Prabowo (ketiga kiri) berbincang dengan perajin saat meninjau stan pameran Pangan Plus Expo 2023 di Rakernas IV PDIP, Jakarta, Sabtu (30/9).

Kedatangan Megawati didampingi oleh putranya yang juga Ketua DPP PDIP M Prananda Prabowo dan putrinya yang juga Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Selain itu terlihat pula Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto. Dalam moment itu, Megawati disambut langsung oleh bakal Calon Presiden RI 2024 Ganjar Pranowo dan Ketua DPP PDIP Mindo Sianipar. Mereka kemudian berjalan beriringan menuju ruang Pameran Pangan Plus 2023 dengan menggunakan boogie car. Di sela-sela menuju ruangan ratusan pelajar berdiri berjejer menyambut kedatangan Presiden ke-lima RI tersebut berserta rombongan. Megawati, Ganjar membalas lambaian tangan para pelajar itu.

Ini merupakan kali ke dua, Megawati mendatangi dan melihat sejumlah produk yang ditampilkan terutama soal pangan dalam Pameran Pangan Plus 2023. Pada hari pertama Rakernas IV PDIP, Megawati datang ke pameran bersama dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden RI KH Maruf Amin. Di luar dugaan, 40 menit Megawati mengelilingi berbagai stand yang ada di ruang pameran. Di mulai dari booth Media Pintar Perjuangan (MPP), booth BRIN, hingga ke stand bibit padi Mari Sejahterakan Petani (MSP). Bahkan, Megawati meladeni permintaan swafoto dari dua pelajar yang merangsek ke depannya. Megawati melarang pihak pengaman yang berusaha mendorong mereka. Megawati bertanya dari mana asal sekolah mereka usai berswafoto.

Di setiap booth, Megawati melakukan dialog dan bertanya akan produk yang dipamerkan. Sesekali Megawati memanggil Ganjar yang sedang kerepotan meladeni swafoto di sekitar area. Setelah hampir menyelesaikan tur pameran pangan, Ketua DPP PDIP Puan Maharani tiba di lokasi. Puan baru saja menyelesaikan pengarahan di ruang rapat. Setelah ikut menemani Megawati, Prananda bersama Puan, Ganjar Pranowo dan Hasto Kristiyanto menaiki boogie car menuju ruang utama Rakernas untuk memberikan pengarahan ke kader PDIP yang digelar secara tertutup. 7 k22

Komentar