nusabali

Ditinggal Perbekel Nyaleg, Bupati Lantik 3 Penjabat

  • www.nusabali.com-ditinggal-perbekel-nyaleg-bupati-lantik-3-penjabat

BANGLI, NusaBali - Tiga perbekel di Kecamatan Kintamani, Bangli, mundur dari jabatannya karena ikut pemilihan legislatif (pileg) pada Pemilu 2024. Lantaran ditinggal, Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta menunjuk penjabat (Pj) perbekel. Ketiga Pj tersebut dilantik di gedung BMB Kantor Bupati Bangli, Rabu (27/9).

Acara itu juga dirangkaikan dengan Pelantikan PJ Ketua TP PKK Desa Abang Batudinding, Desa Pinggan, dan Desa Kintamani. Perbekel yang mundur dari jabatan yakni I Made Diksa selaku Perbekel Desa Abang Batudinding, I Wayan Janji selaku Perbekel Desa Pinggan, dan I Wayan Sutama selaku Perbekel Desa Kintamani. Bupati mengangkat I Nyoman Widiada sebagai Pj Perbekel Desa Abang Batudinding, I Gede Swarsana sebagai Pj Perbekel Desa Pinggan, dan I Wayan Andi Wijaya, sebagai Pj Perbekel Desa Kintamani.

Pelantikan PJ di 3 desa tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Bangli Nomor : 141/687/2023 Tanggal 23 September 2023, tentang pemberhentian dengan hormat dari jabatan Perbekel di 3 desa tersebut.

Bupati Sedana Arta menyampaikan acara tersebut merupakan sebuah proses peralihan kepemimpinan yang merupakan bagian dalam dinamika pemerintahan. Kedudukan dalam jabatan perbekel sangat jelas  karena didasari aturan hukumnya. Ada hak  kewenangan yang diatur, juga ada larangan dan kewajiban yang harus diikuti.

"Pilihan yang sudah dibuat oleh perbekel Desa Abang Batudinding, Pinggan dan Kintamani,  memiliki konsekuensi yang mengharuskan perbekel mengundurkan diri dari jabatannya," ungkapnya.

Selaku pimpinan daerah, pihaknya sangat menghargai pilihan yang sudah ditentukan oleh perbekel tersebut. Tujuannya, agar tidak ada kekosongan kepemimpinan,  maka pihaknya melaksanakan pelantikan Pj perbekel.

Dikatakan, penjabat yang sudah dilantik merupakan pilihan terbaik dari PNS yang telah memenuhi persyaratan yang dipercaya mengemban tugas negara yang melekat dalam jabatannya.

Bupati Sedana Arta berharap kepada pimpinan dan tokoh-tokoh masyarakat desa untuk bersama-sama mengawal proses peralihan ini. Dengan harapan, proses selanjutnya bisa dilancarkan sehingga cita-cita dan harapan masyarakat dapat segera terwujud.

Bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli ini mengingatkan Pj perbekel agar bekerja dengan penuh keikhlasan, tanamkan semangat ngayah untuk desa. Seluruh stakeholder di pemerintahan desa, baik di lembaga BPD, LKD dan di pemerintahan sendiri, agar melakukan kordinasi dengan sebaik-baiknya. Semua pihak agar memberikan data yang valid dan benar agar penjabat perbekel dapat memahami dan menjalankan fungsi tugas dengan sebaik- baiknya.

"Kepada semua masyarakat di Desa Abang Batudinding, Pinggan, dan Kintamani, agar mendukung dan tetap bersatu padu, menjaga kerukunan dan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat agar kondusivitas, rasa aman, dan nyaman di masyarakat tetap terjaga," kata Bupati Sedana Arta.7esa

Komentar