nusabali

Satgas TMMD Jembrana Penyuluhan Pemeliharaan Sapi

  • www.nusabali.com-satgas-tmmd-jembrana-penyuluhan-pemeliharaan-sapi

NEGARA, NusaBali - Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 Kodim 1617/Jembrana di Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, Jembrana, memberikan penyuluhan tentang pemeliharaan ternak sapi kepada warga Banjar Berawan Salak, Rabu (27/9) malam.

Kegiatan penyuluhan yang berlangsung di Balai Banjar Berawan Salak tersebut melibatkan Tim Penyuluh dari Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana. Selain warga Banjar Berawan Salak, penyuluhan tersebut juga dihadiri Pasiter Kodim Jembrana Kapten Inf Tri Winarto, Danramil 1617-01/Negara Kapten Inf I Nyoman Gde Andika, Perbekel Banyubiru Komang Yuhartono serta Kelian Banjar Berawan Salak I Putu Sandiyasa.

Dalam penyuluhan tersebut, narasumber menjelaskan cara pemeliharaan ternak sapi yang baik. Mulai dari pemilihan bibit, pemberian pakan, perawatan kesehatan, hingga pencegahan penyakit. Termasuk diberikan materi tentang perbedaan cara memelihara sapi antara untuk penggemukan dan untuk pembibitan agar mendapat hasil yang lebih maksimal.

Warga terlihat antusias mengikuti penyuluhan tersebut. Mereka mengajukan berbagai pertanyaan kepada narasumber untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Pasiter Kodim 1617/Jembrana Kapten Inf Tri Winarto mengatakan, penyuluhan tersebut merupakan salah satu kegiatan non fisik dalam program TMMD ke-118 Kodim 1617/Jembrana. Dipilihnya materi penyuluhan tentang pemeliharaan ternak sapi ini dilakukan karena mayoritas warga di Banjar Brawan Salak ini beternak sapi. "Penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga dalam bidang peternakan sapi," ujar Kapten Tri Winarto.

Melalui penyuluhan ini, warga diharapkan bisa meningkatkan produktivitas ternak sapi mereka. Dengan meningkatnya produktivitas, tentunya akan bermuara terhadap kesejahteraan peternak.

"Nantinya juga akan dilaksanakan penyuluhan kepada warga secara bergantian di masing masing banjar se-Desa Banyubiru. Dalam memberikan penyuluhan, kita libatkan narasumber dari lintas instansi sesuai dengan bidangnya masing-masing," ucap Tri Winarto.7ode

Komentar