nusabali

Pesta Rakyat Simpedes 2023: UMKM Bali Raih Peluang di Era Digital

  • www.nusabali.com-pesta-rakyat-simpedes-2023-umkm-bali-raih-peluang-di-era-digital

DENPASAR, NusaBali.com - Pesta Rakyat Simpedes (PRS) Tahun 2023 di Lapangan Renon, Denpasar, 24-25 September, telah tutas digeber. Sebanyak 100 UMKM binaan BRI berpartisipasi dalam event yang dimeriahkan dengan penampilan band lokal dan nasional.

Artis yang tampil juga memiliki basis penggemar. Yura Yunita, Dewa 19 feat Virzha, dan Lolot Band tampil pada Sabtu (23/9/2023). Sementara, Kotak, Kahitna, dan Bagus Wirata tampil pada Minggu (24/9/2023).

Acara yang berlangsung selama dua hari ini dihadiri oleh 24 ribu pengunjung. Bukan hanya untuk melihat aksi panggung band-band lokal dan nasional, namun juga  mengunjungi berbagai stand UMKM yang menyediakan berbagai produk, mulai dari pertanian, fashion, kriya, makanan dan minuman, dll.

Uniknya, seluruh UMKM tersebut telah menggunakan pembayaran secara digital/cashless sebagai bentuk dukungan terhadap program QRIS.

Regional CEO BRI Denpasar Recky Plangiten mengatakan, “Dengan tema ‘Pede Raih Peluang’ diharapkan dapat mendorong masyarakat Indonesia, khususnya nasabah penabung BRI Simpedes di Provinsi Bali, NTB dan NTT, untuk pede mengelola keuangan bersama BRImo, pede bertransaksi bersama QRIS, dan pede menabung bersama Tabungan BRI Simpedes.”

Ia menjelaskan, kegiatan Pesta Rakyat Simpedes terdiri atas enam pilar kegiatan, yaitu Pawai, Panggung, Pasar, Panen, Pojok X’sis dan Peduli. Dalam rangkaian kegiatan PRS ini, telah dilaksanakan gerakan literasi digital di enam pasar tradisional di Kota Denpasar mulai tanggal 18 - 22 September 2023.

Seluruh kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat, dan pelaku UMKM terhadap layanan keuangan digital BRI, seperti BRImo dan QRIS BRI.

Layanan keuangan digital BRI, seperti BRImo dan QRIS BRI dilaporkan telah menghasilkan akuisisi sebanyak 12.431 Rekening Simpedes dengan total Saldo Rp 330 miliar. Adapun yang melakukan aktivasi BRImo sebanyak 8.399 dan akuisisi QRIS sebanyak 6.808. 

Recky Plangiten juga mengungkap jika kinerja kredit mikro BRI RO Denpasar dalam 5 tahun terakhir  telah menyalurkan Kredit KUR Mikro sebanyak Rp 19,2 triliun dan Kupedes Komersial sebanyak Rp 16 triliun. 

Untuk mendukung kemudahan transaksi keuangan, Bank BRI Regional Office Denpasar berkomitmen lebih mendekatkan pelayanan perbankan kepada masyarakat melalui agen Brilink.

“Hingga saat ini sudah terdapat 35.831 agen brilink di Bali Nusra. Sedangkan untuk menjangkau layanan perbankan di daerah terpencil dan pulau terluar dengan daerah terpencil yang tidak memiliki jaringan internet, telah dipasang 235 Vsat agen Brilink,” jelas Recky.

Komentar