nusabali

Ganjar Bertemu Tokoh Lintas Agama

Tegaskan Komitmen Merawat Kebhinekaan

  • www.nusabali.com-ganjar-bertemu-tokoh-lintas-agama

Ganjar mengatakan para tokoh agama mempunyai peran penting untuk kelahiran dan keberlangsungan negara Indonesia

SEMARANG, NusaBali 
Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo bersilaturahmi sekaligus menimba ilmu ke sejumlah tokoh lintas agama di Kota Tangerang, Provinsi Banten, Minggu (24/9). Dalam pertemuan tersebut, Ganjar menegaskan komitmen merawat kebhinekaan.

Pertemuan Ganjar dengan para tokoh lintas agama berlangsung di Pondok Pesantren Roudlotussalaam Cimone yang dihadiri pengasuh Ponpes KH Abdul Mu'thi, KH Hasan Basri, KH Ahmad Baijuri, KH Syahru Wardi, KH Mahmudin Abdullah, KH Abdullah Tholib. Selain itu, ada Romo Ruby Santamoko (Buddha), Gusti Artha (Hindu), Jhoni Tan (Tao), Herman Suhanda (Khonghucu), Pendeta Ronny Samantimbang (Kristen).

Melalui keterangan tertulis yang diterima di Semarang, Ganjar mengatakan para tokoh agama mempunyai peran penting untuk kelahiran dan keberlangsungan negara Indonesia. Keberagaman yang dimiliki Indonesia, lanjut Ganjar, harus terus dirawat dan dijaga, diantaranya dengan melibatkan peran tokoh agama. "Apa yang kami lakukan di Jawa Tengah adalah merawat kebhinekaan dan toleransi, salah satunya membuat saling menghormati. Candi Borobudur dan Candi Prambanan kami jadikan pusat ibadah bagi umat Buddha dan Hindu, bukan hanya tempat wisata," ujar Ganjar.

Selain itu, mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu menceritakan saat bergandengan dengan ulama dalam mengentaskan kemiskinan melalui program Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jateng. "Saat itu APBD kita kecil, maka kita ketemu dengan ulama dan mengembangkan Baznas. Yang dulunya sebulan hanya Rp200 juta, sekarang bisa Rp 6 miliar," ujar mantan Anggota Komisi II DPR RI ini.

Ke depan, Ganjar akan melibatkan para tokoh agama untuk menentukan arah kebijakan. "Ke depan kita perlu mendengarkan para tokoh agama tiap perencanaan sehingga partisipasi yang merepresentasikan kelompok-kelompok itu kelak kemudian ikut serta berkontribusi memberikan masukan dalam pengambilan keputusan. Ini yang bisa menjaga situasi kondusif," katanya.

Sementara KH Abdul Mu'thi menyampaikan bahwa Ganjar Pranowo adalah sosok yang mampu merangkul sekaligus membawa aspirasi dari para ulama dalam membangun bangsa. "Pak Ganjar kita harapkan menjadi Presiden Indonesia 2024 dan malah kami mohon bisa dua periode nanti," ujar ulama yang akrab disapa KH Utin.

Sekian kali pemilihan presiden, KH Utin mengaku hanya kali ini dirinya benar-benar memilih dan mendukung calon presiden yakni Ganjar Pranowo. "Saya mengalami beberapa kali Pilpres. Kali ini yang pas saya pilih itu hanya Pak Ganjar karena kita mengharapkan damai, kita bisa damai, bisa ibadah, pokoknya tenteramlah," ujar KH Utin.

Menurutnya, kalangan pesantren tidak asing lagi dengan sosok Ganjar Pranowo sebab politikus berambut putih itu menikahi Siti Atikoh yang tak lain adalah cucu ulama besar di Purbalingga. "Pak Ganjar itu istrinya dari kalangan pesantren, keluarga pesantren. Ya, mertuanya seorang kiai yang punya pesantren," ujarnya.n ant

Komentar