nusabali

14 Perbekel Terpilih di Tabanan Dilantik Hari Ini

  • www.nusabali.com-14-perbekel-terpilih-di-tabanan-dilantik-hari-ini

Usai dilantik, para perbekel terpilih akan mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas atau kompetensi dalam tupoksi jabatannya pada bulan Oktober.

TABANAN, NusaBali
Sebanyak 14 perbekel terpilih di Kabupaten Tabanan dilantik di Gedung Kesenian I Ketut Maria pada Senin (25/9). Pelantikan dan pengambilan sumpah langsung dilakukan oleh Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) I Gusti Ayu Supartiwi mengatakan pelantikan bakal dilakukan Senin pagi sekitar pukul 10.00 Wita di Gedung Kesenian I Ketut Maria. "Tadi (kemarin) kita sudah dilaksanakan gladi pelantikan," ujarnya, Minggu (24/9). 

Kata dia pelantikan 14 perbekel selain dihadiri oleh pejabat di lingkungan Pemkab Tabanan dari pihak desa turut diundang hadir Panitia Pilkel, Sekdes dan dari pihak kecamatan. "Ada 8 wajah lama dan 6 wajah baru, astungkara pelantikan besok (Senin,red) bisa berjalan lancar," harapnya. 

Supartiwi juga berpesan agar Perbekel yang terpilih nantinya dapat selalu berpedoman pada Undang-Undang yang berlaku dan berorientasi pada kesejahteraan masyarakat. Karena tugas pertama sebagai seorang Pemimpin Desa adalah menyusun RPJM Desa yang merupakan Program Perbekel selama kurun waktu 6 tahun ke depan dalam memimpin desa.

"Segera lakukan penyesuaian dan memahami segala bentuk aturan pemerintahan desa dan tentunya menyelaraskan RPJMD di daerah dengan RPJMDES, untuk pembangunan khususnya di kabupaten Tabanan searah sesuai dengan apa yang telah menjadi visi misi pimpinan daerah," pesannya. 

Seperti berita sebelumnya, ada 14 desa di Tabanan yang melaksanakan pemilihan perbekel 23 Juli lalu. Dari 14 desa ada 11 perbekel incumbent tarung, dari jumlah itu tiga perbekel incumbent terpental. 

Tiga perbekel incumbet yang tumbang tersebut adalah Perbekel Angkah Kecamatan Selemadeg Barat I Wayan Suprabawa yang memperoleh 360 suara. Dia dikalahkan oleh I Nyoman Suyadnya pendatang baru dengan perolehan 665 suara. 

Kemudian Perbekel Biaung Kecamatan Penebel, I Gede Putu Sutha Suyadnya hanya memperoleh  427 suara. Dari tiga calon, dia dikalahkan pendatang baru I Gusti Nyoman Suwirta dengan jumlah 979 suara.

Dan terakhir adalah Perbekel Megati, Kecamatan Selemadeg Timur I Wayan Sueca hanya memperoleh 288 suara. Dari tiga calon, dia dikalahkan Dewa Nyoman Sukerta dengan perolehan suara sangat jauh sebanyak 958. Sebagai pendatang baru Dewa Nyoman Sukerta ini bersaing merebut suara dengan lawannya I Ketut Purnawan yang memperoleh 801 suara. 7des

Komentar