nusabali

Balawista Gianyar Selamatkan 4 Korban Terseret Ombak

  • www.nusabali.com-balawista-gianyar-selamatkan-4-korban-terseret-ombak

Dua warga negara asing (WNA) juga terseret ombak di Pantai Saba, semuanya berhasil diselamatkan.

GIANYAR, NusaBali
Balawista Gianyar berhasil menyelamatkan 4 korban terseret ombak di Pantai Lebih, Kecamatan Gianyar, Minggu (24/9) sekitar pukul 17.30 Wita. Empat sekawan yang merupakan karyawan koperasi ini masing-masing Bastian Saragih, 23, Daniel Sinaga, 24, Joy Pandiangan, 23, dan Ferry Manalu, 24. Mereka terlalu asyik berenang hingga tak menyadari posisinya semakin ke tengah laut. Para korban nyaris tenggelam, beruntung anggota Balawista yang sedang patroli melihat mereka melambaikan tangan minta pertolongan. 

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Gianyar I Gusti Ngurah Dibya Presasta mengatakan, lokasi korban terseret arus di sebelah timur Hotel Rumah Luwih. “Kami mendapat laporan empat orang terseret ombak saat mandi di Pantai Lebih,” ungkap Ngurah Dibya. Menurut rekan korban yang tidak ikut berenang, rombongan tiba di Pantai Lebih sekitar pukul 15.00 Wita. Awalnya mereka hanya duduk-duduk dan makan bersama di tepi pantai. Sekitar pukul 16.00 Wita, 4 orang mandi dan berenang ke tengah laut. 

“Tiba-tiba mereka terseret ombak. Mereka berteriak dan melambaikan tangan minta pertolongan. Saat itu ada dua petugas Balawista Gianyar yaitu I Gede Ginarta dan Dewa Gede Ndut memberikan pertolongan dan membawa mereka ke pinggir pantai,” jelas Ngurah Dibya. Mereka berhasil dievakuasi ke pantai. Namun ke empat korban tidak sadarkan diri. Sekira pukul 17.35 Wita, personel Polairud dan Balawista dibantu warga membawa korban ke parkiran Pantai Lebih. Para korban dibawa berobat ke RSUD Sanjiwani menggunakan ambulans PMI dan mobil pick up milik warga. 

“Keempat korban terseret ombak Pantai Lebih masih dalam penanganan tim medis RSUD Sanjiwani,” jelas Ngurah Dibya. Dikatakannya, setelah mendapatkan penanganan, pada Minggu malam 4 korban sudah sadar, namun masih mendapatkan perawatan medis. Selain menyelamatkan 4 pengunjung Pantai Lebih yang terseret ombak, di hari yang sama Balawista Gianyar juga menerima laporan warga negara asing (WNA) terseret ombak di Pantai Saba. “Hari ini ada dua kejadian terseret ombak yakni di Pantai Lebih dan Pantai Saba. Kejadian di Pantai Lebih semuanya WNI dan di Pantai Saba dua WNA. Semuanya berhasil diselamatkan,” ungkap Ngurah Dibya. 7 nvi

Komentar