nusabali

Krama Gelar Upacara Masucian ke Kayoan Solas

Usaba Kapat di Pura Puseh Duda

  • www.nusabali.com-krama-gelar-upacara-masucian-ke-kayoan-solas

AMLAPURA, NusaBali - Pelaksanaan Usaba Kapat di Pura Puseh, Desa Adat Duda, Kecamatan Selat, Karangasem ditandai dengan Ida Bhatara Kabeh kahaturang upacara masucian ke Kayoan Solas (pancuran sebelas,red) di Tukad (Sungai) Batah, Desa Adat Duda, Saniscara Paing Merakih, Sabtu (23/9).

Upacara kemarin merupakan awal dari rangkaian Usaba Kapat, yang merupakan pamiyosan pertama. Upacara dipuput Ida Pedanda Gede Wayan Buruan dari Griya Buruan, Banjar/Desa Adat Duda, Kecamatan Selat, Karangasem.

Sebelum puncak upacara pamiyosan, terlebih dahulu pralingga dan pratima Ida Bhatara dari 27 banjar adat kalinggihang (ditempatkan,red) di Pura Puseh. Kemudian berlanjut dengan upacara pamiyosan. Seluruh pralingga dan pratima Ida Bhatara diusung, kemudian lanjut mabiasa (keliling tiga kali,red) di jeroan Pura Puseh. Prosesi  berlanjut menuju Kayoan Solas yang jaraknya sekitar 1 kilometer dari Pura Puseh. Seluruh rangkaian upacara kemarin, di bawah koordinasi Bendesa Adat duda I Komang Sujana. "Ini Usaba Kapat pelaksanaannya rutin setiap setahun sekali," jelas Sujana.

Lanjut Sujana, nantinya akan ada upacara pamiyosan kedua dengan upacara pangerejangan (mementaskan) tari rejang dewa. Kemudian ada upacara pangerejangan kedua, di acara nyineb.  Sebelumnya, upacara melasti telah dilaksanakan di Pantai Banjar Buitan, Desa/Kecamatan Manggis, Karangasem pada Redite Umanis Merakih, Minggu (17/9) lalu.k16

Komentar