nusabali

Iriana Jokowi Bagi-Bagi Hadiah dan Ajak Remaja Bali Bertoleransi

  • www.nusabali.com-iriana-jokowi-bagi-bagi-hadiah-dan-ajak-remaja-bali-bertoleransi

NUSA DUA, NusaBali.com - - Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Ibu Wakil Presiden Wury Ma'ruf Amin membagikan hadiah berupa sepeda, tablet, dan tas kepada siswa di Bali.

Pemberian hadiah ini dilakukan dalam rangkaian acara sosialisasi Moderat Sejak Dini yang digagas Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) untuk mengajarkan remaja di Pulau Dewata menghormati keberagaman agama dan suku.

Di Nusa Dua, Badung, Sabtu (23/9), Ibu Negara nampak bersemangat mengajukan pertanyaan demi pertanyaan kepada ratusan peserta sosialisasi. Bagi mereka yang bisa menjawab dengan benar, berhak membawa pulang hadiah.

Sebelumnya, 600 siswa yang berasal dari berbagai sekolah dan latar belakang agama serta suku berbeda ini diberikan pemahaman mengenai toleransi. Setelah itu, mereka ditunjuk maju ke panggung dan diberikan pertanyaan seputar materi.

Salah satu pertanyaan yang diajukan oleh Ibu Iriana adalah "Salah satu ciri orang moderat adalah taat konstitusi, konstitusi yang manakah?". Pertanyaan ini berhasil dijawab oleh I Kadek Angga Raditya, siswa kelas XII SMA 1 Kuta Selatan di mana konstitusi yang dimaksud adalah Undang-Undang Dasar 1945 yang memuat soal hak dalam kebebasan beragama.

I Kadek Angga Raditya mengaku senang mendapatkan hadiah sepeda dari Ibu Iriana. Ia mengatakan bahwa sepeda tersebut akan digunakannya untuk berangkat ke sekolah.

"Pertanyaan yang dikasih tadi adalah konstitusi yang mana yang berhubungan dengan moderasi agama, lalu dikasih hadiah sepeda senang banget sih. Tentunya sepedanya untuk ke sekolah karena jarak rumahnya cukup dekat," kata Angga.

Angga juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada OASE KIM yang telah menggelar sosialisasi Moderat Sejak Dini. Ia berharap sosialisasi ini dapat meningkatkan kesadaran remaja Bali untuk bertoleransi antar-umat beragama.

Selain Angga, Apia Gracia dari Bali Presbyterian School juga mendapatkan hadiah tablet dari Ibu Iriana. Apia berhasil menjawab pertanyaan tentang upaya sosialisasi dalam moderasi di Indonesia.

Apia mengaku bersyukur mendapatkan hadiah tablet dari Ibu Iriana. Ia mengatakan bahwa tablet tersebut akan digunakannya untuk belajar dan mencari informasi tentang Indonesia dan persatuan.

"Saya bersyukur sekali mendapatkan hadiah dari Ibu Iriana karena ini bisa menjadi semangat saya untuk terus melanjutkan studi. Ini (tablet) bisa saya pakai belajar dan saya bisa mencari informasi lebih luas lagi tentang Indonesia dan persatuan," tutur Apia.

Sosialisasi Moderat Sejak Dini merupakan upaya OASE KIM untuk menanamkan nilai-nilai toleransi dan persatuan kepada remaja Bali. Kegiatan ini diharapkan dapat membentuk generasi muda yang memiliki karakter moderat dan cinta Tanah Air. *ant


Komentar