nusabali

Hunian Kawasan The Nusa Dua Sentuh 83 Persen

  • www.nusabali.com-hunian-kawasan-the-nusa-dua-sentuh-83-persen

MANGUPURA, NusaBali - Tingkat hunian di kawasan The Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung terus mengalami peningkatan. Dalam catatan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola kawasan tersebut, pada Agustus 2023 tingkat hunian menyentuh angka 83 persen.

General Manager The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita, menjelaskan tingkat hunian di kawasan The Nusa Nusa rata-rata mencapai 83 persen. Dengan capaian tersebut, hunian di kawasan The Nusa Dua mengalami pertumbuhan 25 persen jika dibandingkan dengan periode pencatatan yang sama pada Agustus 2022 silam. “Periode sebelumnya hanya mencapai 66 persen. Namun, kali ini di atas 80 persen, itu artinya mengalami peningkatan signifikan dan memberikan angin segar bagi dunia pariwisata,” kata Ardita, Jumat (22/9).

Ardita menjelaskan kunjungan wisatawan pada Agustus kali ini mencapai 97.420 orang. Sementara pada periode yang sama tahun lalu hanya mencapai 61.836 orang. Ardita juga tidak memungkiri kalau kunjungan di kawasan The Nusa Dua masih didominasi wisatawan mancanegara (wisman), tercatat sebanyak 76.962 orang.

Di sisi lain, kunjungan di daya tarik wisata (DTW) Waterblow juga mengalami peningkatan signifikan mencapai 6.775 orang. “Kami sangat gembira melihat tingkat hunian rata-rata di kawasan The Nusa Dua masih menunjukkan tren positif dengan angka yang tetap kuat di atas 80 persen,” kata Ardita.

Meningkatnya kunjungan ke kawasan The Nusa Dua tidak terlepas dari penyelenggaraan berbagai event. Mulai dari event MICE dan berbagai promosi dari tenant/akomodasi yang ada dalam kawasan, sehingga hal inilah yang membantu dalam menjaga tingkat atau bahkan meningkatkan hunian rata-rata. “Ini memang berkat kolaborasi dengan sejumlah akomodasi juga. Harapannya kunjungan di dalam kawasan akan terus meningkat ke depannya,” harap Ardita.

Sementara pada periode 1-17 September 2023 ini, Ardita mencatat angka tingkat hunian rata-rata harian berada pada 82 persen. Peningkatan ini dipengaruhi oleh beberapa event dan pertemuan yang berlangsung di The Nusa Dua, di antaranya penyelenggaraan event 4 th International Convention On Upstream Oil & Gas (IOG) 2023 pada 20-22 September dan Coaltrans ASIA 2023 pada 24-26 September. Selain itu, pada triwulan IV tahun 2023, The Nusa Dua akan menjadi tuan rumah beberapa penyelenggaraan event antara lain ASEAN Facial Aestethic Conference, KTT AIS (Archipelagic and Island States Forum) dan World Hydropower Congress pada Oktober 2023, serta Pertemuan Ilmiah Nasional Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) XX pada November 2023.

“Kami berharap tingkat hunian rata-rata di kawasan The Nusa Dua terus menunjukkan pertumbuhan hingga akhir tahun nanti,” harapnya. 7 dar

Komentar