nusabali

KPU Treatment Langsung Pemilih Milenial

KPU Mulai Sosialisasi Specimen Surat Suara Pemilu 2024

  • www.nusabali.com-kpu-treatment-langsung-pemilih-milenial

“Setelah pencetakan surat suara, nanti akan digenjot lagi sosialisasinya dan lebih detail pakai specimen surat suara. Surat suara kan sudah ditender pencetakannya”

DENPASAR, NusaBali
KPU Bali akan memberikan treatment langsung untuk menarik minat pemilih milenial datang ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) supaya menggunakan hak suara di Pemilu 2024 mendatang. KPU akan mengandalkan kekuatan media sosial dan menyasar kampus menggarap generasi milenial yang saat ini dinilai paling kuat meningkatkan partisipasi pemilih.

“Kami akan berikan treatment khusus dan langsung ke kampus-kampus, selain mengandalkan sosialisasi melalui media sosial. Karena milenial ini jumlahnya 25 persen dari jumlah pemilih. Peran generasi ini sangat besar meningkatkan tingkat partisipasi,” ujar Anggota KPU Bali Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Sumber Daya Manusia (SDM) I Gede John Darmawan di Denpasar, Rabu (20/9). 

John Darmawan mengatakan, kegiatan sosialisasi yang menekankan milenial dan masyarakat untuk tidak golput di pemilu, sebenarnya sudah gencar dilakukan jajaran KPU Bali bersama stakeholder terkait. “Setelah pencetakan surat suara, nanti akan digenjot lagi sosialisasinya dan lebih detail pakai specimen surat suara. Surat suara kan sudah ditender pencetakannya,” tegas mantan Ketua KPU Denpasar ini. 

Selain milenial, kata John Darmawan, KPU Bali juga akan gencarkan sosialisasi menyasar kalangan disabilitas. “Kami geraklah untuk semua lini, menggarap semua lapisan masyarakat untuk mendongkrak partisipasi pemilih makin maksimal dalam pesta demokrasi lima tahunan ini,” ujar John Darmawan. 

Sementara Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan menyebutkan pihaknya juga sudah mulai sosialisasikan specimen surat suara. Dalam salinan Keputusan KPU RI Nomor 1202 tahun 2023 tentang Surat Suara dan Desain Alat Bantu Tunanetra dalam Pemilu tahun 2024 yang dibagikan KPU Bali, secara umum tampilan surat suara tidak banyak berubah. Ada 18 partai politik peserta pemilu legislatif yang ditampilkan dalam specimen surat suara. “Kita sudah mulai sosialisasi specimen surat suara ini,” ujar Lidartawan.n nat

Komentar