nusabali

Disdikpora Gelar Pelatihan Kepemimpinan Bagi Pemuda se-Badung

  • www.nusabali.com-disdikpora-gelar-pelatihan-kepemimpinan-bagi-pemuda-se-badung

MANGUPURA, NusaBali - Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Badung menggelar pelatihan kepemimpinan bagi pemuda se-Kabupaten Badung Tahun 2023 di Gedung Kwarcab Badung. Kegiatan pelatihan yang digelar 19-21 September 2023 ini diikuti perwakilan dari 9 organisasi kepemudaan dengan jumlah 50 orang peserta.

Kadisdikpora Badung I Gusti Made Dwipayana dalam sambutannya yang dibacakan Plt Kepala Bidang Kepemudaan dan Olahraga I Wayan Wirawan, mengatakan pelatihan bertujuan mendorong tumbuhnya kepekaan para generasi muda untuk meningkatkan prestasi dan peran aktif dalam membangun dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Selain itu, kebijakan pelayanan kepemudaan juga diarahkan untuk menumbuhkan patriotisme, dinamika, budaya prestasi dan semangat profesionalitas dalam rangka mencapai generasi muda yang maju, berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing.

“Melalui kesempatan ini saya pesankan kepada para peserta agar mengikuti pelatihan dengan baik, tekun, serius dan bersungguh-sungguh. Dengan demikian, saudara akan mampu menjadi pemuda yang maju, berdaya saing, berprestasi dan berpartisipasi aktif dalam pembangunan nasional dan mampu menghadapi tantangan global,” ujar Wirawan.

Wirawan yang dalam hal ini juga bertindak sebagai ketua panitia dalam kegiatan tersebut menambahkan, pelatihan ini dilaksanakan untuk terwujudnya generasi muda yang beriman, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing serta memiliki jiwa kepemimpinan. Kegiatan ini juga untuk meningkatkan peran serta generasi muda terdidik dalam pengembangan karir sebagai pemimpin masa depan.

“Harapannya peserta pelatihan nanti dapat memberikan contoh terdepan baik di lingkungan sendiri maupun lingkungan masyarakat. Selanjutnya, apa yang saudara peroleh di tempat ini segera diinformasikan dan direalisasikan kepada teman-teman dan adik-adik siswa di sekolah saudara,” harapnya.

Wirawan melanjutkan, penting untuk membangun dan memberikan motivasi dan penguatan kepada para generasi muda, sehingga cita-cita luhur dari perjuangan zaman dahulu bisa tercapai. “Seperti yang disampaikan Presiden Soekarno, beliau membutuhkan 10 orang pemuda yang tangguh untuk merubah dunia. Dengan demikian, kita ingin membangun semangat dan motivasi dari pemuda kita. Bahwasannya dengan pemuda yang tangguh, yang cerdas, kreatif, inovatif dan kritis, itu akan mampu memajukan bangsa Indonesia yang besar ini,” ucapnya. @ ind

Komentar