nusabali

Tersandung Fee Bansos Bencana, Kabid di Gianyar Dimutasi

  • www.nusabali.com-tersandung-fee-bansos-bencana-kabid-di-gianyar-dimutasi

GIANYAR, NusaBali.com - Di hari terakhir menjabat, Bupati Gianyar Made Agus Mahayastra menyempatkan diri melakukan mutasi besar-besaran.

Mutasi digelar di Taman Maheswari taman belakang Kantor Bupati Gianyar, Selasa (19/9/2023) pagi.

Dari sekian jabatan lowong yang terisi, ternyata ada satu Kabid yang turun tahta. 

Informasi di lapangan, Kabid yang pernah menjabat Lurah ini tersandung kasus bansos bencana. Jadi setiap kali ada bantuan sosial bencana yang terealisasi, yang bersangkutan memotong senilai Rp 5 juta per titik. 

Selain itu, dia juga diduga membuat SPJ fiktif. "Barusan ada pelantikan pejabat di Gianyar. Kabid di BPBD turun eselon karena ada kasus. Dia pernah diperiksa oleh Inspektorat," ujar sumber yang mewanti-wanti agar namanya tidak disebut. 

Bahkan informasinya, Kabid ini sudah dipanggil Polda Bali. "Tiyang dengar sudah dipanggil Polda. Dia potong Bansos rata-rata per titik Rp 5 juta. Bahkan parahnya ada SPJ fiktif," ungkap sumber.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gianyar Ida Bagus Putu Suamba ketika dikonfirmasi membenarkan telah ada pemeriksaan terkait bantuan sosial bencana oleh inspektorat.

"Kemarin ada, BPBD ada pemeriksaan terkait Bantuan Sosial bencana oleh inspektorat," ujarnya.

Mengenai hasil pemeriksaan, mantan Camat Ubud ini tidak tahu-menahu. "Hasil pemeriksaan belum ada disampaikan ke BPBD. Untuk lebih jelasnya, coba tanyakan langsung ke inspektorat, biar kami tidak salah informasi," ujarnya.

Sementara terkait salah satu Kabidnya yang turun tahta gara-gara kasus bansos ini, Suamba enggan berkomentar. "Hasil investigasi belum kami terima, belum bisa beri info. Ampure dumun," ujarnya. *nvi

Komentar