nusabali

Kasus Rabies di Bangli Melandai

  • www.nusabali.com-kasus-rabies-di-bangli-melandai

BANGLI, NusaBali - Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli mencatat penurunan kasus rabies di Bangli. Kondisi ini pascavaksinasi anti rabies pada puluhan ribu ekor anjing.

Kepala Dinas PKP Bangli I Wayan Sarma mengatakan pelaksanaan vaksinasi rabies di Bangli saat ini telah menyentuh 78,66 persen dari populasi anjing 59.346 ekor di empat kecamatan. Dampaknya, kasus rebies juga semakin melandai. "Kasus positif rabies di Bangli sempat tercatat 49 kasus. Kasus terakhir pada 25 Agustus 2023," ungkapnya, Senin (18/9).

Kata Wayan Sarma, dibandingkan dengan tiga bulan sebelumnya, jumlah kasus rabies kini menunjukkan penurunan. Tercatat ada 10 kasus pada Juni, menjadi lima kasus pada Juli, dan tiga 3 kasus pada Agustus. "Sampai pertengahan September ini, astungkara belum ada laporan kasus baru," sebutnya.

Kata dia, vaksinasi anti rabies hingga akhir tahun 2023 ditarget 80 persen. Pelaksanaan vaksinasi masih berlangsung. Pelayanan vaksinasi hanya dilakukan secara stasioner di Kantor Dinas PKP Bangli maupun di Puskeswan. Vaksin saat ini masih tersedia 1.500 dosis.  "Kami terkendala anggaran biaya operasional vaksinator. Makanya, pelaksanaan vaksinasi belum bisa maksimal 100 persen," jelasnya.7esa

Komentar