nusabali

Pengabdian 17 Tahun Sebagai Tutor Kesetaraan Berbuah Prestasi Nasional

Dr Ni Putu Ayu Hervina Sanjayanti

  • www.nusabali.com-pengabdian-17-tahun-sebagai-tutor-kesetaraan-berbuah-prestasi-nasional

SINGARAJA, NusaBali - Ketua Yayasan Widya Aksara yang juga dosen di Undiksha Singaraja, Dr Ni Putu Ayu Hervina Sanjayanti kembali menorehkan prestasi nasional.

Dia baru saja dinobatkan sebagai Juara I Tutor Pendidikan Kesetaraan kategori Dedikasi tingkat Nasional. Penghargaan ini didapatkan sebagai hadiah pengabdian menjadi tutor kesetaraan sejak tahun 2006 silam di Pusat Kegiatan Belajar Mandiri (PKBM) Widya Aksara di Desa Tigawasa, Kecamatan Banjar, Buleleng.

Lomba Apresiasi Tutor Pendidikan Kesetaraan (Astina) digelar oleh Forum Tutor Pendidikan Kesetaraan Nasional. Lomba ini berproses sejak Bulan Mei lalu. Hervina adalah salah satu dari 70 orang peserta yang mendaftar dalam lomba ini. Dalam tahap penyisihan dia pun terpilih masuk 10 besar yang selanjutkan mengikuti tes wawancara oleh dewan juri.

 “Seluruh peserta di awal pendaftaran wajib mengirimkan draf biografi, bukti aksi nyata sebagai tutor dan juga rekomendasi dari pihak berwenang bahwa benar adalah tutor kesetaraan. Kebetulan masuk 10 besar di wawancara untuk mencari 3 besar akhirnya kemarin berangkat ke Surabaya,” ucap Hervina saat dihubungi via telepon, Minggu (17/9) kemarin.

Atas pengalaman dan dedikasinya menjadi tutor pendidikan kesetaraan dia dinobatkan sebagai Juara I pada Sabtu (15/9) di Surabaya. Hervina kini menjabat sebagai Ketua Yayasan Widya Aksara selain juga sebagai dosen di Undiksha Singaraja. Dia mengawali karirnya sebagai tutor di pendidikan kesetaraan sejak 2006 silam. Saat itu dia mulai menjadi tutor paket B setara SMP.

Awalnya dia menggantikan peran ayahnya I Putu Miasa, S.Pd, yang telah berpulang ke rumah Tuhan. Hervina yang lahir di keluarga guru memiliki keprihatinan khusus terhadap anak-anak usia sekolah di desanya yang tidak dapat melanjutkan sekolah karena berbagai alasan. Mulai dari faktor ekonomi, jarak tempuh sekolah, hingga keputusasaan untuk melanjutkan pendidikan.

Persoalan tersebut kemudian dicarikan solusi. Anak-anak putus sekolah di desanya ditarik lagi ke sekolah pendidikan non formal. Mereka bisa sekolah sambil bekerja, karena waktu belajar sangat fleksibel. Lambat laun PKBM yang dipimpinnya pun berkembang pesat. Bahkan beberapa kali berhasil meraih juara di tingkat nasional.

 “Saya mengajak teman-teman tutor di Buleleng dan Bali, mari berbangga menjadi tutor bagi mereka yang kurang beruntung untuk mendapatkan layanan pendidikan yang lebih tinggi, mari tetap melayani dengan hati, karena sejatinya tutor adalah guru penggerak sejak dulu,” ungkap ibu tiga anak ini. k23

Biodata
Nama : Dr. Ni Putu Ayu Hervina Sanjayanti, M.Pd.
Ttl : Tigawasa, 11 oktober 1989
Asal: Desa Tigawasa
Alamat: BTN Griya Adi Suralepang B3 Sangsit, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng
Hoby : Masak
Pekerjaan /jabatan: Dosen, Ketua Yayasan Widya Aksara
Anak ke  1 dari 3 saudara
Nama bapak: I Putu Miasa, S.Pd (almarhum)
Nama ibu : Ni Luh Ayu Marheni, M.Pd.
Nama suami: Gede Dedy Satyada, SPd

Nama anak:
1. Putu Gauri Satyajayanti
2. Made Daneswara Putra
3. Komang Gayatri Dyaswari

Riwayat pendidikan :
•    SDN 1 Tigawasa 1995-2001
•    SMPN 3 Banjar 2001-2004
•    SMAN 1 Singaraja 2004-2007
•    Kuliah:UNDIKSHA
S1 Pendidikan Fisika 2007-2011
S2 Pendidikan IPA 2011-2013
S3 Ilmu Pendidikan (Kons. IPA) lulus 2023

Prestasi yang pernah diraih:
1. Kartini Award Leadership tingkat Nasional 2022
2. Terpilih menjadi Pelatih Ahli Sekolah Penggerak (2021)
3. Pegiat perempuan  di pendidikan non formal tk. Terbaik Nasional (2018)
4. Pengelola PKBM Berprestasi Nasional (2016)
5. Penulis Terbaik pembelajaran jarak jauh tk. Nasional (2020)

Komentar