nusabali

Bupati Giri Prasta Hibahkan Gedung Pasar Seni Kuta

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-hibahkan-gedung-pasar-seni-kuta

MANGUPURA, NusaBali - Setelah rampung dibangun, Pemerintah Kabupaten Badung akhirnya menyerahkan gedung Pasar Senin Kuta ke Desa Adat Kuta.

Penyerahan gedung yang memiliki nilai aset Rp 55 miliar itu diberikan langsung oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta pada Sabtu (16/9) sore. Dengan penyerahan itu diharapkan mampu menggerakkan roda perekonomian bagi UMKM dan pengrajin seni untuk memasarkan produk mereka.

Bupati Giri Prasta mengatakan pembangunan Pasar Seni Kuta telah tuntas dan rampung dilaksanakan. Dengan rampungnya pembangunan, Bupati Giri Prasta berharap dapat menjadi tempat yang representatif bagi para pedagang kerajinan seni dan para pelaku UMKM untuk memasarkan produk-produknya dan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Dengan pengelolaan Pasar Seni di Desa Adat Kuta, semoga Ida Sang Hyang Widi Wasa Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberkati upaya kita dalam mewujudkan Kabupaten Badung yang maju, sejahtera dan berkeadilan,” ujarnya.

Bupati Giri Prasta lebih lanjut mengatakan, bangunan Pasar Seni Kuta yang dihibahkan ke Desa Adat Kuta memiliki total nilai aset bangunan Rp 55 miliar lebih. Menurutnya ini merupakan upaya pemerintah Kabupaten Badung sebagai wujud motivasi dan perhatian, sehingga para pelaku UMKM akan enak untuk berusaha. “Dalam mengakomodir kendaraan, Pemkab Badung juga sudah melakukan pemetaan tempat parkir di depan Hotel Paradiso yang nantinya akan dibangun tempat parkir yang besar. Untuk pakir ini kita akan komunikasi dengan pihak-pihak hotel di sekitarnya agar para tamu bisa menikmati Pasar Seni Kuta,” ujar bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang.

Sebagai bentuk perhatian kepada pelaku usaha di Pasar Seni Kuta, Bupati Giri Prasta juga mengaku akan memberikan semacam bantuan penguatan modal bagi pelaku UMKM yang berjualan di sana. “Karena ini merupakan warga Kuta, kalau sudah masuk kategori UMKM, per orang nanti itu kita akan anggarkan bantuan penguatan modal,” kata Bupati Giri Prasta.

Sementara Bendesa Adat Kuta I Wayan Wasista mewakili krama Desa Adat Kuta menyampaikan terima kasih kepada Bupati Badung beserta jajaran karena sudah berkenan hadir sekaligus menyerahkan hibah Pasar Seni Kuta. Menurut dia, Pasar Seni Kuta sekarang sudah bagus dan megah dan didukung oleh fasilitas parkir yang memadai. Dengan adanya Pasar Seni ini diharapkan sektor-sektor ekonomi lainnya dapat berkembang yang bisa mendongkrak pendapatan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Krama Desa Adat Kuta sangat berterima kasih atas hibah dari Pemkab Badung ke desa adat. Dengan adanya bangunan megah ini semoga bisa meningkatkan roda perekonomian masyarakat Kuta,” harapnya.

Selain pemberian hibah gedung Pasar Seni Kuta, Bupati Giri Prasta juga sekaligus menandatangani prasasti penataan kawasan Pantai Kuta, Pantai Legian, Pantai Seminyak (Samigita). Dalam kegiatan itu, turut hadir Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, anggota DPRD Badung Anom Gumanti, Ni Luh Gede Sri Media Astuti, Kadis PUPR Ida Bagus Surya Suamba, Kasatpol PP IGAK Suryanegara, Kepala BPKAD Ida Ayu Istri Yanti Agustisni, Camat Kuta dan unsur tripika dan undangan lainnya. @ dar

Komentar