nusabali

Pokmaswas Penimbangan Lestari Dibantu Peralatan Selam untuk Konservasi

  • www.nusabali.com-pokmaswas-penimbangan-lestari-dibantu-peralatan-selam-untuk-konservasi

SINGARAJA, NusaBali - Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Penimbangan Lestari Desa Baktiseraga, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, mendapatkan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Bantuan diberikan untuk melakukan konservasi di wilayah pesisir pantai di wilayah setempat.

Sebanyak 13 barang, berupa berbagai bcd set dan scuba set, dengan total nilai Rp102 juta lebih. Bantuan tersebut diserahkan Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar, di Sekretariat Pokmaswas Penimbangan Lestari, Baktiseraga, Buleleng, Jumat (15/9) pagi.

Kepala BPSPL Denpasar, Getreda Melsina Hehanussa mengatakan, bantuan ini diberikan dengan tujuan perlindungan dan pemanfaatan sumber daya pesisir. "Bantuan ini, kita harapkan konservasi terus berlanjut dan lestari. Sehingga ada manfaat yang dirasakan dari masyarakat," ujarnya.

Tak hanya diberikan alat, kelompok tersebut juga akan mendapat pendampingan oleh petugas Dirjen Pengelolaan Kelautan dan Ruang Laut, KKP, yang didampingi Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng, serta penyuluh yang ada di wilayah kerja mereka.

Pokmaswas Penimbangan Lestari dipilih karena sebelumnya kelompok tersebut berhasil meraih juara 1 1 Pokmaswas Nasional dari KKP pada tahun 2022 lalu. Sehingga dengan bantuan tersebut kelompok ini, diharapkan bisa menjadi semangat untuk mereka dalam melestarikan terumbu karang.

Ketua Pokmaswas Penimbangan Lestari, Gede Wiadnyana mengatakan bantuan ini akan dilakukan untuk memaksimalkan konservasi di pesisir Pantai Penimbangan. Untuk pemeliharaan alat pihaknya akan digunakan dari hasil pungutan dari kunjungan wisatawan. "Begitu ada kerusakan, kami akan laporkan. Setiap dua tahun kita akan dimonitoring oleh petugas dari Balai," kata Wiadnyana. 7mzk

Komentar