nusabali

1.700 Ha Sawah di Denpasar Akan Panen

Petani Denpasar Belum Terdampak Kekeringan

  • www.nusabali.com-1700-ha-sawah-di-denpasar-akan-panen

Pekaseh Subak Intaran Barat, Sanur Kauh, Made Sudiartana menyebut pada masa tanam ini subak yang berada di barat saluran irigasi akan mendapat giliran air. Artinya, para petani di areal itu akan menanam padi. Sedangkan, areal sawah yang berada di sebelah timur saluran irigasi akan menanam palawija.

DENPASAR, NusaBali
Sebanyak 1.700 hektare lahan sawah yang ada di Kota Denpasar akan mulai panen pada September 2023 ini. Bahkan, beberapa petani sudah mulai panen pada awal bulan sehingga mereka kembali akan segera mulai mengolah sawahnya.

Pekaseh Subak Intaran Barat, Sanur Kauh, Made Sudiartana, Jumat (15/9), mengatakan hingga saat ini air masih ada. Sehingga petani masih bisa melakukan aktivitas menanam. Hal itu karena di subak ini menerapkan pola bergilir.

Dikatakannya, pada masa tanam ini subak yang berada di sebelah barat saluran irigasi akan mendapat giliran air. Artinya, para petani di areal itu akan menanam padi. Sedangkan, areal sawah yang berada di sebelah timur saluran irigasi akan menanam palawija. “Setelah panen ini, saya bersama petani di areal ini akan menanam semangka atau sejenisnya,” ujar Sudiartana.

Sudiartana mengatakan saat ini pihaknya sudah bersiap untuk panen padi jenis pandan wangi. Sejumlah petani di Subak Intaran Barat ini sejak beberapa musim tanam lalu mencoba menanam padi jenis pandan wangi. “Hasilnya lebih baik, sehingga banyak petani yang melakukan tanam padi  jenis ini lagi,” katanya.

Sementara Kadis Pertanian Denpasar Anak Agung Bayu Bramasta mengatakan meski sejumlah daerah telah mengalami kesulitan air, untuk wilayah Denpasar belum terdampak signifikan. Berdasarkan data yang dimilikinya, saat ini petani di Denpasar sudah siap panen. Sementara air masih tetap mengalir. “Kalau terjadi pengurangan debit air, mungkin ada, tetapi belum sampai mempengaruhi musim tanam,” ujar Agung Bramasta.

Dikatakannya, saat ini sejumlah subak akan mulai musim panen. Setidaknya, 1.700 hektare lahan sawah akan mulai panen pada September ini. Bahkan, beberapa petani sudah mulai panen awal bulan ini. Sehingga mereka kembali akan mulai mengolah sawahnya. 7 mis

Komentar