nusabali

Di Tabanan, Disdukcapil Jemput Bola Perekaman e-KTP

  • www.nusabali.com-di-tabanan-disdukcapil-jemput-bola-perekaman-e-ktp

TABANAN, NusaBali - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tabanan jemput bola sasar pelajaran SMA dan SMK untuk perekaman e-KTP (KTP elektronik,red). Pola jemput bola ini dilakukan untuk persiapan Pemilu 2024 mendatang. Setidaknya 2.000 keping e-KTP disiapkan bagi pelajar yang akan memasuki usia 17 tahun saat Pemilu 2024 nanti.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tabanan, I Gusti Agung Rai Dwipayana mengatakan, jemput bola ke sekolah dilakukan sebagai bagian dari memastikan pendataan kependudukan di Tabanan. “Apalagi sekarang jelang Pemilu 2024. Ini juga sebagai upaya agar pelajar yang hendak memasuki usia 17 tahun bisa menyuarakan hak pilihnya. Selain itu kegiatan jemput bola ini untuk menyasar pelajar berusia 17 tahun yang masih tercecer," ujar Rai Dwipayana, Kamis (14/9). 

Disebutkan kegiatan jemput bola perekaman e-KTP menyasar pelajar sudah dilakukan secara berkesinambungan. Bahkan, pada September 2023 akan menyasar 6 sekolah SMK dan SMA di Tabanan.  Diantaranya SMKN 2 Tabanan, SMKN 3 Tabanan, SMAN 1 Marga, SMAN 1 Tabanan, SMAN Baturiti dan SMAN 1 Pupuan. “Selanjutnya akan menyasar sekolah lainnya se-Kabupaten Tabanan. Target kami perekaman e-KTP bagi pelajar ini tuntas sebelum pemungutan suara pada Pemilu 2024,” tegas Rai Dwipayana.

Untuk persiapan jemput bola itu, kata Rai Dwipayana, setidaknya 2.000 keping e-KTP disiapkan. Sehingga, begitu warga yang genap berusia 17 tahun selesai perekaman, pada Januari dan Februari 2024 langsung dicetak e-KTP. "Rata-rata setiap perekaman kami layani sekitar 100-200 pelajar," tandas Rai Dwipayana. des

Komentar