nusabali

Diskominfo Siap Dukung Pengembangan Desa Digital

  • www.nusabali.com-diskominfo-siap-dukung-pengembangan-desa-digital

MANGUPURA, NusaBali - Forum Perbekel Kabupaten Badung menggelar bimbingan teknis (bimtek) dan orientasi lapangan tahun 2023 di Hotel Ramada Bali, Kuta, Rabu (13/9). Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa ini digelar dalam rangka menambah wawasan dan peningkatan kapasitas perbekel se-Kabupaten Badung.

Kegiatan yang mengangkat materi ‘Desa Digital, Pengelolaan Sampah dan Tata Kelola Keuangan Desa’ turut dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra dan seluruh perbekel se-Kabupaten Badung.

“Saat bimtek berlangsung kami sudah berdiskusi banyak dengan para perbekel, terutama berkaitan dengan parameter desa digital. Ada poin-poin tentang e-government, infrastruktur, pelayanan publik, dan literasi masyarakatnya. Di sana siapa yang akan berperan, dan bagaimana proses pelaksanaan kegiatannya, termasuk juga tahapan-tahapan kegiatannya, itu yang perlu dipersiapkan,” ujar Jaya Saputra.

Mantan Camat Mengwi ini menambahkan, Kominfo sebagai lembaga teknis akan mengambil peran yang maksimal terhadap integrasi sistem dan pengelolaan data antar instansi sampai tingkat desa. Terutama berkaitan dengan pengembangan sistem, infrastruktur dan literasi masyarakat. Tentu dari diskusi yang dilakukan, Forum Perbekel sudah sepakat turut melibatkan pihak Kominfo dalam setiap kegiatan yang digelar untuk mendapat hasil maksimal. “Jadi Forum Perbekel sudah sepakat tadi, hingga nanti setiap kegiatan kita akan dilibatkan secara maksimal,” katanya.

Sementara itu, Ketua Forum Perbekel Badung Kadek Sukarma SM mengatakan bimtek ini digelar untuk membahas terkait beberapa program yang menjadi prioritas program di perubahan anggaran tahun 2023. Pada bimtek ini, materi pokok yang dibahas yakni, pertama bagaimana mewujudkan pelayanan digital di semua desa di Badung. Kedua, pengelolaan sampah, yang tentunya dengan konsep pengelolaan sampah desa agar benar-benar tuntas di desa. Ketiga, terkait tata kelola keuangan desa. Tentunya dalam hal ini yang paling penting adalah kedisiplinan dalam mengadministrasikan keuangan yang dikelola di pemerintah desa.

Harapan melalui bimtek ini, lanjut Sukarma, bagaimana ke depan perbekel se-Badung bisa mewujudkan dan mengimplementasikan apa yang menjadi program pemerintah Kabupaten Badung. “Dalam mewujudkan Badung yang hebat, tentu harus ada sinergitas dan kerja sama, terutama para kepala desa se-kabupaten Badung. Kami harapkan sinergitas pemerintah desa sebagai pelaksana dari kegiatan ini,” harap Perbekel Desa Punggul, Kecamatan Abiansemal ini. @ ind

Komentar