nusabali

Bangli Segera Salurkan Beras Presiden

  • www.nusabali.com-bangli-segera-salurkan-beras-presiden

BANGLI, NusaBali - Beras bantuan dari pemerintah pusat untuk masyarakat kurang mampu di Bangli akan segera disalurkan. Masing-masing kepala keluarga (KK) akan mendapatkan 10 kg untuk konsumsi tiga bulan kedepan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli, I Wayan Sarma pada Kamis (14/9). Seperti diketahui, pada 31 Agustus 2023, Presiden RI Joko Widodo mengeluarkan kebijakan pendistribusian bantuan pangan beras mulai awal September 2023. Satu keluarga penerima manfaat (KPM) mendapatkan 10 kg beras selama tiga bulan. KPM penerima bantuan 21,3 juta.

Sarma menyampaikan, pihaknya telah bertemu dengan pihak Bulog Regional Bali. Pertemuan tersebut membahas Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang akan segera disalurkan. "Mungkin 10 hari akan dating, kami akan salurkan," jelasnya.

Dia belum tahu berapa jumlah penerima bantuan ini. Karena data penerima langsung dari Badan Pangan Nasional. "Bukan kapasitas kami untuk menyiapkan data (penerima) itu. Sebab kami di dinas hanya sebagai fasilitator pencairan bantuan," ujar pejabat asal Tembuku, Bangli ini.

Menurut Sarma, data penerima bantuan CBP tahap II ini masih mungkin ada perubahan. Untuk kepastian data itu, pihaknya akan melakukan rapat pada Selasa depan.  Di sisi lain, harga beras di Bangli, kata Sarma, ada kenaikan dari produsen sejak 18 Agustus 2023.

"Harga beras kualitas medium I naik Rp 1.000 per kilogram, dari sebelumnya Rp 11.000 saat ini 12.000. Sedangkan kualitas medium II naik Rp 600 per kilogram. Dari sebelumnya Rp 10.800 per kilo, saat ini Rp 11.400 per kilogram," sambungnya.7esa

Komentar