nusabali

Jembrana Siap Jadi Kabupaten Sehat, Tanpa Rekayasa

  • www.nusabali.com-jembrana-siap-jadi-kabupaten-sehat-tanpa-rekayasa

NEGARA, NusaBali - Kabupaten Jembrana siap menjadi kabupaten sehat. Hal ini ditegaskan Bupati Jembrana I Nengah Tamba saat menghadapi penilaian dari Tim Verifikasi Lapangan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) dari Pemerintah Pusat.

Tim Verifikasi Lapangan KKS ini, terdiri dari tiga kementerian, yaitu Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Sejumlah tempat dikunjungi selama dua hari pada Selasa (12/9) dan Rabu (13/9) kemarin.

Beberapa tempat yang dikunjungi tim penilai ini, di antaranya sekolah, Puskesmas, pasar, terminal, Posyandu, TPA/TPST, kantor pemerintahan, hingga taman bermain anak di Gedung Kesenian Dr Ir Soekarno.

Bupati Tamba mengatakan, dalam menghadapi penilaian ataupun verifikasi lapangan dari tim pusat ini, pihaknya menyiapkan apa adanya atau tanpa rekayasa. "Adapun yang dilihat dan dinilai sekarang adalah murni tanpa rekayasa dan apa adanya. Bukan karena ada penilaian seperti ini baru kami bersih-bersih," ucap Bupati Tamba.

Bupati Tamba menjelaskan, Jembrana telah mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi penilaian ini. Ia berharap, Jembrana dapat meraih penghargaan Kabupaten Sehat.

"Kami berharap melalui kegiatan ini kesadaran masyarakat Jembrana semakin meningkat. Agar terwujud Jembrana menjadi Kabupaten yang bersih, dan menjadi contoh bagi kabupaten lainnya," ucap Bupati Tamba.

Sementara Ketua Tim Penilai KKS 2023, Inez Ayu Dhamiera mengatakan, secara garis besar kebersihan Jembrana sudah baik. Namun, masih perlu peningkatan di beberapa indikator. "Indikator yang masih perlu ditingkatkan di antaranya adalah pengelolaan sampah, kesehatan lingkungan, dan kesehatan masyarakat," ujar Inez Ayu Dhamiera. 7ode

Komentar