nusabali

Bulog Bali Salurkan Beras Gratis ke 194.418 Penerima

  • www.nusabali.com-bulog-bali-salurkan-beras-gratis-ke-194418-penerima

DENPASAR, NusaBali.com - Perum Bulog Kanwil Bali mulai menyalurkan cadangan beras pemerintah (CBP) secara gratis kepada 194.418 penerima bantuan pangan (PBP). Penyaluran ini dilakukan atas arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar dilakukan percepatan.

Manager Supply Chain dan Pelayanan Publik (SCPP) Perum Bulog Kanwil Bali Avrilia Purwandari mengatakan, penyaluran perdana CBP gratis diberikan kepada masyarakat daerah Gerokgak, Buleleng, sebagai daerah dengan jumlah PBP terbesar di Pulau Dewata.

"Penyaluran perdana kita diminta bersamaan jadi di hari Senin (11/9) sudah menyalurkan di Buleleng, tapi belum selesai masih sedikit karena di sana penerimanya banyak. Kemarin baru perdana menyalurkan 29,780 ton itu masih sedikit sekali, kita memang bertahap dan hari ini ada juga penyaluran di sana," kata Avrilia, Rabu (13/9/2023).

Avrilia menyampaikan bahwa proses penyaluran CBP ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan Bulog Bali tahun 2023. Penyaluran bantuan pangan tahap pertama berlangsung Maret, April, Mei.

"Tahap kedua dilakukan percepatan, tadinya Oktober, November, Desember, tapi Presiden minta percepatan menjadi September, Oktober, November, tapi tidak ada masalah (stok beras) kita tetap jalan, aman," tuturnya.

Beras gratis yang disalurkan Bulog Bali terdiri dari 10 kilogram untuk masing-masing penerima, di mana prosesnya akan berlangsung tiga kali berturut-turut setiap bulannya.

Avrilia berharap, melalui penyaluran CBP, harga beras yang sedang bergejolak di masyarakat dapat segera stabil.

"Masyarakatnya tenang jadi masih bisa membeli beras dengan harga terjangkau, masih aman lah untuk masalah pangan di masyarakat," ujar Avrilia.

Selain menyalurkan beras kepada penerima bantuan pangan, Bulog Bali juga mengikuti instruksi Presiden Jokowi untuk menyebar beras pemerintah ke pasar-pasar.

Beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) sendiri harganya lebih terjangkau dibanding beras premium, di mana saat ini harganya Rp10.900 per kilogram, sementara beras premium Rp14.500 per kilogram di pasar tradisional seperti Pasar Badung, Denpasar.

Sejak harga beras premium melonjak Agustus lalu, bulog sendiri sudah menyadari bahwa terjadi lonjakan permintaan terhadap beras SPHP.

Dari data yang disampaikan Avrilia, rata-rata penyaluran beras SPHP di Bali pada bulan Juni dan Juli 2023 400-500 ton, pada Agustus 881 ton, dan pada September terhitung hingga Selasa (12/9) kemarin penyalurannya mencapai 527 ton.

"Iya memang dengan kondisi sekarang yang jadi pilihan masyarakat beras SPHP. Kelihatan kenaikannya dari Agustus September, mungkin karena kondisi beras yang saat ini harganya naik jadi memang terus banyak permintaan," kata dia.

Untuk semakin menjangkau masyarakat dengan beras yang harganya terjangkau, Bulog Bali juga melakukan kerja sama dengan Pemprov Bali dalam hal menggelar operasi pasar murah.

"Ini kita tergantung permintaan pemerintah daerah, kalau diminta pelaksanaan operasi pasar kita akan ikut. Seperti ada undangan mengikuti pasar murah besok di Gianyar, biasanya pemda bersurat nanti kita siapkan beras SPHP juga barang komersil yang lain," ujar Avrilia. *ant



Komentar