nusabali

2 Hari, Damkar Tangani 4 Lokasi Kebakaran

  • www.nusabali.com-2-hari-damkar-tangani-4-lokasi-kebakaran
  • www.nusabali.com-2-hari-damkar-tangani-4-lokasi-kebakaran

AMLAPURA, NusaBali - Kasi PKPE (Pemadam Kebakaran Penyelamatan dan Evakuasi) Dinas Pemadam Kebakaran Karangasem I Wayan Putu Darma Kartika mengkoordinasikan pemadaman kebakaran lahan di empat lokasi. Total luas arel terbakar 32,6 hektare.

Empat lokasi itu, yakni di Banjar Lebah, Desa Sukadana, Kecamatan Kubu, di Banjar Baturinggit Kaja, Desa Baturinggit, Kecamatan Kubu, Karangasem, di Banjar Panek, Desa Ban, Kecamatan Kubu, dan TPST (Tempat Pengolahan Sampah Terpadu) di Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, 32,6 hektare. "Itu kejadian selama dua hari, Jumat dan Sabtu (8 - 9 September)," jelas I Wayan Putu Darma Kartika di Amlapura, Minggu (10/9).

Kebakaran yang terjadi di Banjar Baturinggit Kelod, Desa Baturinggit, Kecamatan Kubu, Jumat (8/9) pukul 13.37 Wita, membakar semak-semak seluas 30 hektare. Warga I Made Suastawan,33, yang melaporkan kejadian itu, petugas yang menerima laporan I Wayan Eka Putra.

Lahan yang terbakar milik 15 orang, yakni atas nama, Suma, Sukanta, Martawan, Suratni Rupaksa, Tomo, Dana, Tarka, Swena, Sumampan, Gelgel, Tari, Rumanis, Badeng, Rame dan Sutama.

10 petugas pemadam kebakaran mendatangi lokasi. Mereka diangkut dengan 5 unit armada dengan menghabiskan 83.000 liter air untuk memadamkan kobaran api yang cukup luas. Hanya saja, belum ada laporan kerugian, karena yang terbakar sepenuhnya semak-semak, yang jauh dari pemukiman.

Hadir di lokasi kejadian, Perbekel Baturinggit I Gede Putu Telantik, anggota Babinsa (Bintara Pembina Desa) Desa Baturinggit Serda I Ketut Aria, Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) Desa Baturinggit Aipda I Nyoman Kompiyang Hariadi, perangkat desa dan masyarakat. "Walau kebakarannya cukup luas, kami belum terima adanya kerugian material," jelas I Wayan Putu Darma Kartika.

Berbeda dengan Perbekel Baturinggit I Gede Putu Telantik. Dia mengatakan, penyebab kebakaran belum ketahuan. "Kerugian berupa pohon mangga, kelapa, mete, lontar dan jati. Mengingat luasnya lahan yang terbakar, kami khawatir, makanya menghubungi petugas pemadam kebakaran,"' jelas I Gede Putu Telantik.

Sedangkan kebakaran lahan di Banjar Panek, Desa Ban, Kecamatan Kubu, menghabiskan lahan 1 hektare hingga menghabiskan 8.000 liter air untuk memadamkan kobaran api. Warga I Ketut Buda yang melaporkan ke petugas pemadam kebakaran, hanya 5 petugas yang melakukan penanganan.

Sedangkan kebakaran di Banjar Lebah, Desa Sukadana, Kecamatan Kubu, membakar lahan 1,5 hektare menghabiskan 26.000 liter air.

Satu lagi, TPST (tempat pengolahan sampah terpadu) Desa Bugbug di Banjar Bugbug Kaleran, Kecamatan Karangasem kembali terbakar menghanguskan lahan 10 are.7k16

Komentar