nusabali

Disambut Megawati, Ibu Negara Korsel Kagumi Ide Bung Karno

  • www.nusabali.com-disambut-megawati-ibu-negara-korsel-kagumi-ide-bung-karno

JAKARTA, NusaBali - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menyambut kedatangan Ibu Negara Korea Selatan (Korsel) Kim Keon Hee di Istana Batu Tulis, Bogor, Kamis (7/9/2023).

Ibu Negara Korsel Kim Keon Hee hadir di Jakarta mendampingi sang suami, Presiden Yoon Suk Yeol yang mengikuti rangkaian agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN. Di Istana Batu Tulis, Ibu Negara Korsel Kim Keon Hee mengagumi rancangan rumah yang merupakan ide dan dibuat Bung Karno.

"Saat bertemu di Korsel, Ibu Negara Korsel menanyakan nanti kalau datang ke Jakarta dalam sebuah kesempatan, beliau minta supaya bisa diacarakan di sini. Beliau ini menurut saya sangat senang seni, seperti arsitektur. Kalau tadi beliau melihat sangat kagum, karena rumah ini dibuat sendiri oleh Bung Karno. Kalau tidak salah dimulai tahun 1960," papar Megawati dalam keterangan tertulisnya, Kamis malam (7/9).

Ibu Negara Korsel Kim Keon Hee tiba di teras depan Istana Batu Tulis pukul 16.10 WIB dan langsung disambut pelukan hangat Megawati. Lalu Megawati menyerahkan kembang ke Kim yang disambutnya dengan senyuman. Megawati mengajak Kim yang menggunakan blazer hitam dengan kemeja putih ke ruang tengah Rumah Utama Istana Batu Tulis.

Setelah berbincang-bincang sekitar 10 menit, Megawati mengajak Kim berkeliling di dalam ruangan sambil menerangkan koleksi patung dan lukisan yang ada di area Rumah Utama. Megawati kemudian mengajak Ibu Negara Korsel ke teras belakang untuk berbincang santai sambil menikmati pemandangan Gunung Salak dan Sungai Cisadane.

Cukup lama mereka di tempat itu. Selama kegiatan berlangsung, dua orang penerjemah ikut mendampingi Megawati dan Ibu Negara Korsel. Megawati lalu mengajak Kim menuju Pendopo untuk melihat koleksi hasil Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang dipajang.

Terdengar Rindik Bali mengiringi aktivitas di lokasi ini. Setelah itu, Megawati menjamu makan malam di ruang utama Istana Batu Tulis. Diketahui Megawati memang kerap berkunjung ke Korsel dan juga Korea Utara. Bahkan mendapat amanah sebagai special envoy untuk perdamaian Semenanjung Korea.

Saat itu membawa misi perdamaian, Megawati ke Korut Maret 2002 dan lanjut ke Korsel April 2002. Megawati juga tercatat sebagai undangan untuk menghadiri pelantikan Presiden Korsel, Yoon Suk Yeol yang merupakan suami Kim pada Mei 2022. Di pendopo, foto kunjungan Megawati saat pelantikan Presiden Yoon diperlihatkan Megawati ke Ibu Negara Kim.

Megawati menceritakan juga isi percakapannya dengan Ibu Negara Korsel soal ketertarikannya untuk menginap di Istana Batu Tulis. Percakapan itu, saat mereka memandang Gunung Salak dan Sungai Cisadane. "Memang benar. Karena saya bilang kebun ini besar sampai ke belakang. Takutnya tidak cukup waktu. Saya bilang, silahkan kalau kapan-kapan datang lagi. Beliau seperti menganggap saya ibunya. Saya bilang, silahkan kalau mau menginap di sini. Tadi saya tunjukkan sebuah kamar yang bisa untuk ditempati," kata Megawati sambil tersenyum.

Megawati mengatakan Ibu Negara Korsel sangat puas atas kunjungannnya ke Istana Batu Tulis. Bahkan mereka berdua berpose berdiri di depan lukisan Bung Karno. Kalau saat tiba, mereka duduk. Saat akan pulang, pose mereka sambil berdiri. Pukul 19.20 WIB, Megawati melepas Ibu Negara Korsel. "Beliau senang sekali dan kagum dengan Istana Batu Tulis," ujar perempuan yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan itu. 

"Beliau benar-benar ingin menikmati kunjungan ini dan minta supaya acara ini tertutup untuk media," pungkas Megawati.

Selain melihat-lihat Rumah Utama Istana Batu Tulis, Ibu Negara Korsel Kim Keon Hee melihat pula berbagai koleksi flora dan fauna yang ada di Istana Batu Tulis ditemani Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani. Puan mengajak Ibu Negara Korsel berjalan kaki sambil melihat aneka pohon dan mengunjungi kandang burung merak.k22

Komentar