nusabali

Western Australia dan Indonesia Perkuat Kerja Sama Ekonomi dan Budaya

  • www.nusabali.com-western-australia-dan-indonesia-perkuat-kerja-sama-ekonomi-dan-budaya

DENPASAR, NusaBali.com - Pemerintah Western Australia (WA) atau Australia Barat melakukan misi luar negeri pertama yang dipimpin langsung oleh Premier Roger Cook dengan membawa lebih dari 130 delegasi bisnis dan Pemerintah WA.

Misi ini berlangsung selama seminggu, dari tanggal 2 hingga 9 September 2023, dan mengunjungi tiga kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, dan Denpasar.

“Misi dagang bersejarah ke Indonesia ini merupakan misi luar negeri pertama saya sebagai Premier, dan hal ini memainkan peran penting dalam masa depan Western Australia dan khususnya rencana kami untuk mendiversifikasi perekonomian kami,” kata Premier Roger Cook, Jumat (8/9/2023).

Tujuan utama misi ini adalah untuk memperkuat kerja sama ekonomi dan budaya antara WA dan Indonesia. Dalam hal ekonomi, fokus utama misi ini adalah pada hasil investasi dan perdagangan pada transisi energi, industri kreatif dan ekonomi digital, pendidikan internasional, industri primer dan pariwisata.

Turut mendampingi Cook antara lain David Templeman (Menteri Kebudayaan dan Seni, Olahraga dan Rekreasi, Pendidikan Internasional, dan Warisan),  Bill Johnston (Menteri Pertambangan dan Perminyakan, Energi, Industri Hidrogen, dan Hubungan Industri),  serta Jackie Jarvis (Menteri Pertanian dan Pangan, Kehutanan, dan Bisnis Kecil).

“Indonesia adalah mitra yang diakui dan dipercaya dan oleh karena itu penting bagi kami untuk mencari cara-cara baru untuk memperdalam hubungan Indonesia dengan Western Australia – yang memberikan peluang investasi dan lapangan kerja lokal,” tambah Cook.

Setelah Jakarta dan Surabaya, delegasi yang dipimpin Roger Cook berada di Bali pada 8-9 September 2023. Di Bali, delegasi WA mengunjungi beberapa lokasi penting, antara lain: Maja Life Western Australia, sebuah ruang seni dan budaya yang menampilkan karya-karya seniman WA. Lalu meninjau Superlative Gallery, sebuah galeri seni yang menampilkan karya-karya seniman Australia dan Indonesia.

Agenda selanjutnya ke Mamasan, sebuah restoran yang menyajikan hidangan khas Australia. Dan tak lupa ke Bali High, sebuah kapal pesiar yang menawarkan pemandangan Bali dari laut. Kapal pesiar ini merupakan salah satu investasi pariwisata dari investor  WA di Pulau Dewata.

Dalam kunjungan ke Bali, delegasi WA juga menandatangani sejumlah nota kesepahaman (MoU) dengan lembaga pendidikan di Indonesia. MoU tersebut bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dalam bidang pendidikan internasional, seperti pertukaran pelajar dan staf akademik, serta program studi bersama.

Misi Indonesia Connect Roadshow 2023 merupakan langkah penting bagi WA untuk memperkuat hubungan ekonomi dan budaya dengan Indonesia. Misi ini menunjukkan komitmen WA untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam menghadapi tantangan dan peluang global.

Data Hubungan Ekonomi WA dengan Indonesia:
  • • Western Australia mengekspor barang ke Indonesia senilai AUD3,8 miliar pada tahun 2022, di atas rata-rata tahunan sebesar AUD2,3 miliar selama 10 tahun terakhir;
  • • Western Australia menyumbang seperempat dari total perdagangan barang Australia dengan Indonesia pada tahun 2022;
  • • Western Australia menyumbang 30 persen ekspor barang Australia ke Indonesia pada tahun 2022;
  • • Indonesia adalah mitra dagang penting Western Australia, dengan nilai perdagangan barang senilai AUD4,6 miliar di tahun 2022, dan
  • • Ekspor minyak bumi ke Indonesia meningkat 16 persen menjadi AUD1,2 miliar pada tahun 2022.

 “Besarnya skala delegasi ini menunjukkan betapa seriusnya kami memandang hubungan ini, itulah sebabnya tiga anggota penting Kabinet saya bergabung dengan
saya dalam misi ini, untuk mewakili sebanyak mungkin kepentingan Western Australia dalam hubungannya untuk meningkatkan kedekatan dengan Indonesia,” pungkas Roger Cook.

Komentar