nusabali

DPC Gerindra Karangasem Rekrut 3.354 Saksi

Siapkan Rp 500 Ribu per Orang

  • www.nusabali.com-dpc-gerindra-karangasem-rekrut-3354-saksi

Menurut Suyasa, banyak kader dan simpatisan berminat ‘ngayah’ sebagai saksi di TPS. Mereka disebut-sebut karena terpengaruh elektabilitas partai dan bakal calon Presiden RI Prabowo Subianto.

AMLAPURA, NusaBali
DPC Partai Gerindra Karangasem memulai mendata nama-nama saksi yang akan bertugas di 1.677 TPS (Tempat Pemungutan Suara) pada Pemilu 2024 mendatang. Tak main-main, dengan uang saku Rp 500.000 per orang, partai besutan Prabowo Subianto ini merekrut saksi dua kali lipat dari jumlah TPS di Karangasem, sehingga menjadi total sebanyak 3.354 saksi. 

“DPC Gerindra Karangasem tak segan-segan merogoh kocek dengan total anggaran Rp 1,677 miliar, agar bisa menang Pemilu 2024. Itu hanya untuk biaya saksi,” ujar Ketua DPC Gerindra Karangasem, I Nyoman Suyasa di sela-sela penerimaan daftar nama saksi dari 8 kecamatan se-Karangasem di Sekretariat DPC Gerindra, Jalan Bhayangkara Amlapura, Kamis (7/9).

Kata dia, hingga kemarin sudah terkumpul 2.500 saksi TPS Pemilu 2024. "Sementara terkumpul 2.500 saksi, masih menunggu setoran nama-nama saksi dari koordinator desa dan kelurahan, ada yang belum lengkap," jelas Wakil Ketua DPRD Bali ini.

Menurut Suyasa, banyak kader dan simpatisan berminat ‘ngayah’ sebagai saksi di TPS. Mereka disebut-sebut karena terpengaruh elektabilitas partai dan bakal calon Presiden RI Prabowo Subianto. Di samping itu, kata Suyasa,  imbalan saksi yang naik dari sebelumnya, Rp 300.000 per orang menjadi Rp 500.000 per orang dinilai menjadi magnet bagi simpatisan bergabung dengan Gerindra.

Hanya saja, kata Suyasa, saat ini kuota saksi masih belum terisi di beberapa TPS di wilayah Kelurahan Subagan dan Kelurahan Padangkerta. “Dalam waktu dekat ini semua TPS diharapkan terisi saksi,” ujar Suyasa. 

Menurut politisi asal Desa Pertima, Kecamatan/Kabupaten Karangasem ini, saksi merupakan tim sukses paling terdepan. Sebab, memulai dari saksi bisa mengalang dukungan minimal dari keluarga, banjar dan lingkungannya sendiri. 

Setelah seluruh koordinator desa dan kelurahan di bawah arahan Ketua PAC Gerindra setor saksi, kata Suyasa, DPC Gerindra akan mengadakan pembekalan saksi. “Agar lebih cermat cara pengawasannya dan mengetahui tugas-tugasnya sebagai saksi,” ujar mantan Ketua Fraksi Gerindra DPRD Bali ini.

Sementara Ketua PAC Gerindra Kecamatan Selat, I Komang Sukasada alias Soglo, mengaku telah setorkan saksi di seluruh TPS di Kecamatan Selat yakni berasal dari 159 TPS. "Bukan saja merekrut dua saksi di tiap TPS, bahkan saya siap merekrut saksi bayangan, sebagai pelapisnya," jelas Soglo.

Sementara Koordinator Saksi di Kelurahan/Kecamatan Karangasem, Toya Marhaban mengatakan, telah menyerahkan 134 saksi yang berasal dari 67 TPS di Kelurahan Karangasem. "Saksi telah kelar, kami siap memenangkan Gerindra di Kelurahan Karangasem," jelas Toya.k16

Komentar