nusabali

ST Yowana Dharma Laksana Kembali Gelar Festival Lomba Penjor Mini

  • www.nusabali.com-st-yowana-dharma-laksana-kembali-gelar-festival-lomba-penjor-mini

DENPASAR, NusaBali.com - ST Yowana Dharma Laksana Banjar Meranggi Kesiman Petilan kembali menggelar Festival Lomba Penjor Mini II, Minggu (27/8/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan seni penjor dan mengembangkan kreativitas anak muda.

Kegiatan ini diikuti oleh 25 peserta dari warga Banjar Meranggi, Penyatusan, dan Pasuwitran, Desa Kesiman Petilan. Lomba ini tidak dipungut biaya pendaftaran dan pemenangnya akan mendapatkan hadiah jutaan rupiah.

Ketua ST Yowana Dharma Laksana, Kadek Yoga Febriamanta, mengatakan bahwa lomba penjor mini ini merupakan salah satu wadah untuk menyalurkan kreativitas anak muda dalam bidang seni penjor.

"Kami melihat bahwa anak-anak di lingkungan Banjar Meranggi sangat kreatif dalam membuat penjor mini. Oleh karena itu, kami ingin memberikan wadah bagi mereka untuk berkreasi dan mengembangkan bakat seninya," kata Yoga.

Yoga menjelaskan bahwa lomba penjor mini ini menggunakan penjor hias sebagai kriteria penilaian. Penjor hias adalah penjor yang dibuat untuk keperluan perayaan, seperti hari raya Galungan dan Nyepi.

"Penjor hias ini memiliki nilai estetika yang tinggi dan dapat menjadi sarana untuk mengekspresikan kreativitas," ujar Yoga.

Penilaian lomba penjor mini ini dilakukan oleh tim juri yang terdiri dari para ahli seni penjor. Kriteria penilaian meliputi keindahan, kreativitas, dan kesesuaian dengan tema.

Yoga berharap bahwa lomba penjor mini ini dapat menjadi ajang untuk melestarikan seni penjor dan mengembangkan kreativitas anak muda. Ia juga berharap bahwa lomba ini dapat diadakan secara rutin setiap tahun. *m03

Komentar