nusabali

Bale Agung Pura Pasar Agung Direhab

  • www.nusabali.com-bale-agung-pura-pasar-agung-direhab

AMLAPURA, NusaBali - Pangempon Pura Pasar Agung, Banjar Sogra, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Karangasem, akan membongkar Bale Agung, setelah piodalan Purnama Kalima, Redite Pon Prangbakat, Minggu (29/10). Karena kondisi Bale Agung ini keropos. Bagian kerangka atap ijuk terkelupas.

“Hanya mengganti bagian atap ijuk. Perkiraan biaya sekitar Rp 300 juta,” jelas Kelian Pangempon Pura Pasar Agung Jro Mangku Sukra, di Banjar Sogra, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Karangasem, Kamis (7/9).

Bale Agung di sisi barat utama mandala Pura Pasar Agung  itu bertiang 16. Terakhir, perbaikan tahun 2013 dengan  menghabiskan ijuk sekitar 10 ton. Saat itu, Pembangunan secara total mulai dari bataran, tiang, dan atap. Namun, kali ini hanya mengganti atap ijuk agar atap bangunan ini tidak keburu bocor. Di samping itu, perbaikan atap Bale Agung ini karena jelang Karya Panca Balikrama tahun 2024.

Rencana perbaikan itu, kata Jro Mangku, telah melalui paruman pangempon Pura Pasar Agung. Humas Pangempon Pura Pasar Agung I Wayan Suara Arsana mengakui, rencana perbaikan Bale Agung usai piodalan. “Perkiraan tuntas pengerjaannya sekitar tiga bulan, sehingga akhir tahun selesai dan langsung menggelar upacara melaspas,” jelas Suara.

Persiapan mengenai perbaikan Bale Agung, lanjut Suara,  secara teknis tidak ada kendala. Tinggal mencari tukang pasang ijuk, dan membeli ijuk, langsung bisa bekerja. Karena tukang khusus pasang ijuk telah ada yang siap ngayah.

Keberadaan Bale Agung itu kembali mengalami kerusakan, katanya karena cuaca, di samping karena telah lama belum melakukan perbaikan. Juga penyebabnya karena sering terjadi gempa, terutama selama Gunung Agung erupsi, tahun 2017-2018.

Pamangku di Pura Melanting Pasar Agung Jro Mangku Gede Umbara juga membenarkan, adanya agenda dari pangempon hendak melakukan perbaikan atap Bale Agung, karena telah rusak. “Telah jadi agenda pangempon pura, melaksanakan perbaikan atap Bale Agung, jelang karya Panca Balikrama tahun 2024,” jelasnya.

Bendesa Alitan MDA Kecamatan Selat I Komang Sujana mengapresiasi rencana perbaikan atap Bale Agung di Pura Pasar Agung itu, jelang Karya Panca Balikrama. Sehingga keberadaan Bale Agung representatif.

“Perkiraan pengerjaan sekitar 3 bulan, biaya telah tersedia, secara teknis tidak ada kendala, tinggal menunggu pelaksanaannya saja,” jelas I Komang Sujana.7k16

Komentar