nusabali

STY Tetap Dampingi Timnas Senior

Jelang Lawan Turkmenistan, Sandy Walsh Fokus Jaga Kebugaran

  • www.nusabali.com-sty-tetap-dampingi-timnas-senior

Shin Tae-yong menangani Timnas Senior dan Timnas U-23 dalam waktu bersamaan dapat mengganggu kondisi tim. Apalagi Timnas Senior akan menghadapi Turkmenistan di Surabaya, Jumat malam. Shin juga menangani Timnas U-23 dalam Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

JAKARTA, NusaBali
Manajer Timnas Indonesia Endri Erawan memberi penegasan rumor yang beredar, bahwa pelatih kepala Shin Tae-yong  tetap di bangku cadangan saat Timnas berujicoba lawan Turkmenistan dalam FIFA Matchday September 2023, di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jumat (8/9) malam WITA.

"Pada 4 September, coach Shin Tae-yong di Surabaya untuk membuka latihan Timnas Senior.  Lalu pada 5 September, beliau ke Solo untuk memulai latihan Timnas U-23. Saat Shin Tae-yong tidak ada, Choi In-cheol yang memimpin latihan Timnas Senior,"kata Endri Erawan, di laman PSSI, Rabu (6/9).

Menurut Erawan, saat partai Timnas Senior vs Turkmenistan, Shin Tae-yong tetap ada ada di bench atau tempat pemain cadangan dan ofisial tim. Program Choi In-cheol di Surabaya juga sudah berdasarkan program Shin Tae-yong," kata Endri Erawan.

Ya, rumor berkembang kesibukan Shin Tae-yong menangani Timnas Senior dan Timnas U-23 sekaligus dalam waktu bersamaan dapat mengganggu kondisi tim. Timnas Senior menghadapi Turkmenistan di Surabaya, Jumat malam. Shin Tae-yong juga akan memoles timnas U-23 dalam Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Solo pada 6-12 September 2023.

Masalahnya persiapan Timnas Senior dan Timnas U-23 berbarengan. Kedua tim sama-sama memulai latihan pada Senin (4/9), di Surabaya dan Solo. Pada Senin (4/9), Shin Tae-yong memimpin latihan Timnas di Lapangan Thor, Surabaya. Keesokan harinya, seolah tidak mengenal lelah, pelatih 52 tahun itu ke Solo untuk menggeber timnas U-23.

Shin Tae-yong di Solo untuk menggenjot timnas U-23 sampai Kamis (7/9) sebelum kembali ke Surabaya untuk melatih Timnas Senior kontra Turkmenistan, keesok harinya. Untungnya, Timnas U-23 mengawali laga Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 pada Sabtu (9/8) dengan melawan Taiwan U-23 di Stadion Manahan, Solo. 

Sementara itu, pemain Timnas Senior Sandy Walsh fokus menjaga kebugaran dan kesehatan agar dapat menjalani debut pertamanya di Surabaya melawan Turkmenistan, dalam FIFA Matchday di Surabaya, Jumat besok.

"Saya sangat bersemangat, sangat senang berada di sini kembali bersama tim. Saya akan berlatih sedikit tenang dan jika ada kesempatan saya akan membuat debut," kata Sandy Walsh, dalam rilis di Surabaya, Rabu.

Oleh karena itu, jika diberi kesempatan bermain, bek klub K.V. Mechelen Belgia itu akan menampilkan yang terbaik. Selain itu, jika ada kesempatan mencetak gol dirinya akan sangat senang dan bangga karena ada ikatan emosi di Surabaya.

Saat ditanya wartawan terkait keluarga, lanjut dia, pemain kelahiran Maret 1995 menjawab tidak ada yang hadir di Surabaya karena sebelumnya sudah datang dan melihat makam kakeknya. Oleh karena itu, ia berharap dapat sehat dan memberikan kekuatan penuh bagi Timnas Indonesia.

Sedangkan bek Timnas lainnya, Alfeandra Dewangga mengatakan tidak perlu beradaptasi lama dengan para pemain senior karena sebelumnya pernah bergabung. Selain itu, dia merasa bersyukur bisa bermain untuk Timnas Indonesia senior lagi.

Karena itu, pemain PSIS Semarang itu akan menjaga kondisi tubuhnya karena setelah melawan Turkmenistan, dirinya langsung kembali ke Solo untuk menjalani pemusatan latihan bersama Timnas U-23. ant

Komentar