nusabali

ITP Markandeya Bali Salurkan Instrumen Pembelajaran

  • www.nusabali.com-itp-markandeya-bali-salurkan-instrumen-pembelajaran
  • www.nusabali.com-itp-markandeya-bali-salurkan-instrumen-pembelajaran

GIANYAR, NusaBali - Direktorat Riset Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI.

Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Institut Teknologi dan Pendidikan (ITP) Markandeya Bali menyerahkan bantuan Kotak Instrumen Terpadu (KIT) Matematika dan IPA kepada SDN 7 Manukaya, Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar, Minggu (3/9).

Bantuan yang diserahkan terdiri dari 4 KIT untuk pelajaran IPA dan 6 KIT untuk mata pelajaran Matematika. 

Koordinator tim, Ni Wayan Sri Darmayanti SPd MPd mengatakan, SDN 7 Manukaya dipilih karena lokasi sekolah terletak di pinggiran kota. Fasilitas pembelajaran yang dimiliki terutama untuk IPA dan Matematika masih sangat terbatas. 

“Kami juga mendampingi 10 orang guru di sekolah tersebut untuk lebih memahami penggunaan aplikasi untuk membuat media pembelajaran, harapannya dengan KIT ini bisa memudahkan guru mentransfer materi pembelajaran kepada siswa. Siswa juga lebih mudah menyerap dan memahami materi ajar,” terang Sri Darmayanti. 

Bantuan ini sebagai salah satu bentuk program Merdeka Belajar. Kegiatan ini untuk mengedepankan pengembangan keterampilan proses dan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran.

Kasek SDN 7 Manukaya I Nyoman Budayasa SPd SD mengapresasi kepedulian ITP Markandeya ikut serta meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Dia berharap kegiatan ini harus terus berlanjut sebagai bentuk kerja sama perguruan tinggi yang mendukung program pembelajaran di sekolah. 

Penyerahan bantuan serta pendampingan penggunaan KIT dibuka langsung Rektor ITP Markandeya I Wayan Numertayasa SPd MPd. Tim PKM terdiri dari 3 orang dosen yakni Ni Wayan Sri Darmayanti SPd MPd, I Wayan Suantara SPd MPd, dan Ni Putu Eni Astuti SPd MPd. Juga 4 mahasiswa yakni Kadek Yuni Wulandari, Ni Komang Ayu Ulan Dari, dan Ni Ketut Sri Partini. 7 k23

Komentar