nusabali

Hotel di Pantai Sekeh Portal Akses Jalan

  • www.nusabali.com-hotel-di-pantai-sekeh-portal-akses-jalan

MANGUPURA, NusaBali.com – Sebuah portal membentang di sepanjang walkway dua arah yang berlokasi di Pantai Sekeh, Tuban, Kecamatan Kuta, Badung, Bali. Alhasil pejalan kaki, khususnya para lansia yang akan melewati jalan itu mengalami kesulitan.

Lurah Kuta, I Putu Dedik Adi Ardiana menjelaskan portal itu memang dipasang oleh salah satu hotel di salah satu titik walkway pantai yang berlokasi tak jauh dari Bandara I Gusti Ngurah Rai tersebut. 

Dengan maksud, untuk mencegah adanya pengunjung yang membawa kendaraan melintas di walkway tersebut. Tak jarang juga ia melihat beberapa pengendara memarkir kendaraan di titik walkway dekat kawasan pura yang berada di sebelah hotel.

“Kondisi ini sangat menganggu lalu lintas pejalan kaki, selain itu membuat kawasan menjadi semrawut dan kumuh karena parkir liar. Tentu juga berpotensi membuat semakin cepat kerusakan walkway,” terang Dedik,Minggu (3/9/2023) siang.

Lebih lanjut ia mengonfirmasi bahwa portal itu dipasang oleh pihak hotel karena ada salah satu acara BUMN yang dilaksanakan di lokasi tersebut. Namun ia tidak mengetahui secara pasti kapan acara itu dilaksanakan.
 
Karena acara telah berakhir dan pihaknya pun kemudian meminta pihak hotel untuk membongkar portal itu demi kenyamanan dan keamanan bersama. 

Disinggung soal adanya koordinasi antara pihak hotel dengan pihaknya, Dedik menerangkan pihak hotel belum melakukan koordinasi dan kajian teknis.

Hal ini pun terangnya menimbulkan persepsi negatif di masyarakat. Sebab, kata dia kawasan walkway tersebut digunakan oleh masyarakat untuk lintasan olahraga baik lari ataupun jogging. Bahkan menurutnya akan berbahaya bagi pengguna jalan di malam hari.

“Kami menyarankan jika pihak hotel memiliki maksud yang positif dan berupaya melakukan peran partisipatif, sebaiknya dikoordinasikan dahulu kepada pihak kami untuk selanjutnya disampaikan kepada dinas terkait, dalam hal ini Dinas PUPR Kabupaten Badung,” ujarnya.

Ke depan, Dedik akan berencana melakukan koordinasi kembali kepada pihak hotel untuk selanjutnya disampaikan kepada Dinas PUPR Badung. Sehingga portal itu nantinya dapat disesuaikan dengan karakter wilayah, dan berfungsi optimal dalam mencegah alih fungsi dari walkway itu sendiri.

"Di beberapa titik sudah ada terpasang portal yang lebih cocok dengan karakteristik wilayah. Seyogyanya itu yang ditiru dan dikoordinasikan, apabila pihak hotel ikut peduli dengan lingkungan," pungkasnya. *ris

Komentar