nusabali

Nantikan! Kecak Dance Pantai Melasti Siapkan Pengalaman Tak Terlupakan bagi Wisatawan

  • www.nusabali.com-nantikan-kecak-dance-pantai-melasti-siapkan-pengalaman-tak-terlupakan-bagi-wisatawan

MANGUPURA, NusaBali.com – Pertunjukan Kecak Dance atau Tari Kecak menjadi salah satu daya tarik yang diberikan oleh pengelola Pantai Melasti, Kuta Selatan. Bahkan agar wisatawan memiliki kesan mendalam, akan disiapkan tarian pembuka atau tarian api.

“Kecak Dance masih mengambil tema cerita Titi Situ Banda. Namun, dalam waktu dekat ini kami akan menambahkan tarian pembuka atau tarian api agar wisatawan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan ketika berkunjung ke Pantai Melasti,” kata Ketua Pengelola atau Manajer Pantai Melasti, Wayan Karnawa, Jumat (1/9/2023).

Konsep baru ini direncanakan sudah bisa digeber pada Oktober mendatang. Konsep baru tersebut digarap lantaran menyambut peningkatan kunjungan wisatawan ke Pantai Melasti. Dari data yang dihimpun, kunjungan wisatawan selama tujuh bulan ini mencapai 1.054.646 orang, dengan rincian 249.726 wisatawan mancanegara (wisman) dan 804.920 wisatawan domestik (wisdom).

Dengan adanya data peningkatan kunjungan tersebut, Karnawa menerangkan pihaknya terus berupaya untuk memberikan fasilitas dan tontonan yang terbaik. Salah satunya dengan mengusung konsep baru dalam pementasan Kecak Dance Pantai Melasti.

Sedangkan, untuk meningkatkan kunjungan dalam pementasan Kecak Dance, pihaknya akan terus berupaya melakukan promosi dan kerjasama dengan driver, travel agent, dan media massa.

Sementara itu  Sales Kecak Pantai Melasti, Ni Wayan Nuraning menerangkan sejak musim liburan sekolah pada bulan Juni hingga Juli lalu terjadi peningkatan kunjungan.
 
Data kunjungan penonton Kecak Dance mulai November 2021 hingga Agustus 2023 mencapai 66.325 pax yang didominasi 70 persen wisdom. 

“Tingkat kunjungan di bulan Agustus kali ini sudah meningkat 60 persen, rata-rata kunjungan per hari sebanyak 400 wisatawan. Kalau dari wisatawan asing dari Malaysia, Jepang, Korea, India, dan Prancis,” ungkapnya.

Nuraning mengungkapkan, selain konsep baru yang akan diusung oleh pihak pengelola, pementasan Kecak Dance di Pantai Melasti menggunakan lighting untuk mendramatisasi setiap cerita hingga lincahnya tokoh Anoman yang menghampiri pengunjung. Antusiasme penonton pun terang Nuraning sangat baik, sebab mereka menikmati gelaran pertunjukkan Kecak Dance hingga akhir pementasan.

“Biasanya ada juga permintaan khusus dari pengunjung yang ingin disamperin tokoh Anoman atau ada yang mau ikut menari ke atas panggung. Jadi kami sesuaikan dengan request pengunjung,” tuturnya.

Sebagai informasi tambahan, pementasan Kecak Dance di Pantai Melasti dimulai pada pukul 18.00 hingga 19.00 Wita di Panggung Budaya Praharsacitta. Sedangkan harga tiket masuk untuk menonton Kecak Dance yakni sebesar Rp 150.000 berlaku untuk wisatawan asing dan domestik serta berlaku untuk anak-anak hingga dewasa. *ris

Komentar