nusabali

Viral Rangka Sepeda Motor Patah, Yamaha Pamer Kekokohan Rangka Produksinya

  • www.nusabali.com-viral-rangka-sepeda-motor-patah-yamaha-pamer-kekokohan-rangka-produksinya

JAKARTA, NusaBali.com - Walaupun tidak mengalami masalah pada rangka sepeda motor produksinya, Yamaha ikut kena 'senggol' viral rangka sepeda motor yang mengalami patah ataupun keropos parah belakangan ini.

Maklum, bagian rangka sepeda motor umumnya tidak terlihat langsung. Alhasil rangka sepeda motor produksi Yamaha dianggap juga memiliki kualitas yang diragukan walaupun tidak ada viral sepeda motor dengan logo garpu tala tersebut.

“Sejauh ini tidak ada komplain yang kami terima soal rangka yang kami produksi,” tegas President Director dan CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Dyonisius Beti, Kamis (31/8/2023).

Dyon pun  mempersilakan konsumen yang mengalami masalah pada rangka sepeda motor Yamaha untuk melakukan klaim guna dilakukan penggantian.

"Kita percaya diri tidak ada masalah. Kalaupun ada masalah, konsumen tidak usah khawatir, baik XMax ataupun NMax, ataupun Mio karena kita ada garansi satu tahun. Kalau betul itu ada masalah pabrik, pasti diganti yang baru, free of charge," tegas Dyon.

Dyon menjelaskan, Yamaha akan memberikan penggantian sesuai dengan standar garansi perusahaan. Konsumen yang mengalami masalah pada rangka sepeda motor mereka bisa melakukan klaim ke jaringan diler Yamaha.

Yamaha mengalokasikan waktu maksimal dua bulan untuk pergantian rangka. Apabila pelanggan membutuhkan sepeda motor dalam periode pergantian, diler akan menyediakan layanan sepeda motor pengganti.

Lebih lanjut Dyon mengatakan, sepeda motor Yamaha seperti NMax maupun XMax telah diproduksi cukup lama dan diekspor ke berbagai negara. Hingga saat ini, kata dia, tidak ada laporan klaim oleh konsumen terkait masalah pada rangka kedua model sepeda motor tersebut.

"XMax kita sudah produksi cukup lama dan sampai hari ini tidak ada quality problem dan juga diekspor dipakai di Eropa dan di banyak negara lain termasuk Jepang, Thailand dan semuanya tidak ada problem," ucap Dyon.

Dyon pun kembali menegaskan percaya diri bahwa rangka sepeda motor yang diproduksi PT YIMM memiliki kualitas tinggi.

"Kalau belakangan ini masyarakat sensitif tentang masalah rangka, kita sampaikan Yamaha memiliki kualitas yang tinggi," ujar Dyon.

Untuk menunjukkan kualitas produknya, Yamaha pun menggelar ‘open house’ untuk 75 wartawan dan blogger dari seluruh Indonesia guna melihat langsung proses produksi maupun material produksi sepeda motornya di pabrik berlokasi di Pulo Gadung, Jakarta Timur, pada Kamis (31/8/2023).

Dyon menegaskan Yamaha mengedepankan kualitas dalam memproduksi rangka sepeda motor. Pihaknya telah mempertimbangkan desain rangka yang tepat untuk memastikan sepeda motor yang diproduksi bisa menghadapi berbagai tantangan, termasuk cuaca.

“Indonesia kan ada dua musim, yakni, hujan dan kemarau. Tingkat kelembaban juga cukup tiggi. Jadi kami sangat memperhitungkan hal tersebut,’ kata Dyon.

Untuk itu, lanjut Dyon, Yamaha membuat desain rangka sepeda motor dengan memperhitungkan aliran drainase air, guna mencegah penumpukan air dalam rangka yang bisa menimbulkan karat.

Selain itu, perusahaan juga menggunakan material yang diklaim lebih tebal. Dyon pun memastikan  bahwa material yang digunakan untuk memproduksi rangka dua kali lipat lebih tebal daripada yang digunakan oleh produsen lain, yang dapat meningkatkan ketahanan rangka terhadap karat.

"Yamaha sudah mempersiapkan metode proteksi perlindungan karat khusus, tentu satu pemilihan bahan. Bahan kita relatif lebih tebal dibanding dengan industri yang lainnya. Setahu saya dua kali lipat dibanding yang lainnya. Ketebalan itu akan mempengaruhi kemampuan bertahan pada karat," ucap dia.

Dyon  menambahkan bahwa pihaknya juga menjaga kualitas pengelasan rangka serta menerapkan sistem perlindungan ganda, baik pada bagian luar dan dalam rangka melalui proses pencelupan. Bahkan pada model sport, turut diberikan lapisan tambahan untuk meningkatkan perlindungan.

"Kita ada sistem pencelupan, kita perlindungannya adalah baik di luar maupun di dalam, jadi proteksi ganda bukan hanya yang bagian luar saja. Dengan pencelupan itu terlindung semua rangka kita," ungkap Dyon.

Pada kegiatan Media Factory Visit 2023 di Pabrik YIMM Pulo Gadung, 75 wartawan dan blogger diajak untuk melihat seluruh line produksi sepeda motor Yamaha, mulai dari sisi ketersediaan material, proses produksi, durabilitas, teknologi, hingga standar pengecekan kualitas.

Saat ini, Yamaha telah mengekspor sepeda motor produksi dalam negeri ke 45 negara di lima benua, dengan negara terjauh berada di Kolombia, Amerika Selatan. Adapun sepeda motor yang diekspor seperti MAXI, CLASSY, R-Series, dan MT-Series.

Saat menerima kedatangan wartawan dan blogger, Dyon didampingi Takeshita Naotaka (Vice President Director PT YIMM), Hiroshi Takeyama (Marketing Director PT YIMM), Takashi Kimoto (Production Director PT YIMM),  dan Teddy C Yacob (Production Director PT YIMM).

"Melalui kunjungan pabrik ini, rekan-rekan dapat langsung melihat line produksi Yamaha yang aktif membuat sepeda motor terutama untuk model favorit seperti MAXI, Classy, dan model lainnya," kata Dyonisius Beti.


Komentar