nusabali

Galatasaray dan Braga Lolos Fase Grup Liga Champions

MU, Barca, dan AC Milan Berpeluang di Grup Neraka

  • www.nusabali.com-galatasaray-dan-braga-lolos-fase-grup-liga-champions

NYON, NusaBali - Manchester United (MU) berpeluang di grup neraka bersama Barcelona dan AC Milan dalam pengundian fase grup Liga Champions musim ini. Sedangkan dalam raksasa Turki Galatasaray dan klub Portugal Braga lolos dari babak kualifikasi dan tembus fase grup kompetisi kasta tertinggi di Eropa itu.

Ya, penyisihan grup Liga Champions 2023/2024 akan diikuti 32 tim. Sejauh ini, 29 klub lolos ke fase grup.  Tiga tempat lainnya akan diperebutkan Antwerp atau AEK Athens, Rakow Czestochowa atau Kopenhagen, dan Rangers atau PSV Eindhoven.

Nantinya, ke-32 tim tersebut dibagi ke empat Pot pengundian fase grup. Pot 1 diisi para juara Liga Champions, Liga Europa musim lalu, dan enam juara liga domestik Eropa. Adapun Pot 2, Pot 3, dan Pot 4 ditentukan berdasarkan ranking koefisien UEFA. 

Sementara itu, MU menjadi satu di antara tim unggulan di Pot 2 undian fase grup. Di Pot 2, MU berpeluang menghuni grup neraka, karena akan menghadapi klub kuat di Pot 1, seperti Barcelona, Bayern Munchen, dan Paris Saint-Germain.

Namun, MU tidak akan bentrok dengan Manchester City yang menempati Pot 1. Sebab, tim-tim dari negara yang sama tidak bisa saling bertemu pada penyisihan grup.  Selain tim kuat di Pot 1, MU juga bisa berhadapan lawan tangguh di Pot 3, yakni AC Milan.

Setelah tiga tahun terakhir berlangsung di markas besar UEFA, Nyon, Swiss, kali ini undian akan berlangsung di Grimaldi Forum, Monaco, Prancis pada Kamis (31/8). 

Sementara, Galatasaray dan Braga lolos ke fase grup Liga Champions setelah kedua tim meraih hasil maksimal dalam play off leg kedua pada Rabu (30/8) dinihari WITA.

Angelino mencetak gol penentu kemenangan untuk membawa Galatasaray menang 2-1 atas tamunya Molde. Berkat kemenangan itu, Galatasaray menang agregat 5-3 atas Molde dan berhak tampil di fase grup Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 2019.

Menggenggam keunggulan 3-2 dari pertandingan leg pertama, Mauro Icardi memperbesar keunggulan raksasa Turki itu melalui eksekusi penaltinya pada menit ketujuh.  Gol Eirik Hestad sempat memberi harapan Molde pada babak kedua.

Namun mantan bek kiri Manchester City Angelino memastikan tiket fase grup Liga Champions bagi Galatasaray melalui golnya menjelang pertandingan usai.

Sementara itu, Braga menang tipis 1-0 atas Panathianikos di Yunani untuk mengamankan kemenangan agregat 3-1. Klub Portugal yang finis di peringkat ketiga liga domestik musim lalu itu akan bermain di fase grup untuk ketiga kalinya dan yang pertama kalinya dalam rentang waktu 11 tahun.

Klub Swiss Young Boys juga melaju ke fase grup berkat kemenangan 3-0 atas klub Israel Maccabi Haifa di kandang sendiri setelah bermain imbang tanpa gol pada leg pertama. 7

Komentar