nusabali

Bali Bidik 50-60 Emas PON 2024

  • www.nusabali.com-bali-bidik-50-60-emas-pon-2024

DENPASAR, NusaBali - KONI Bali mematok target peningkatan jumlah medali emas dalam ajang PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

Target itu naik karena jumlah cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan lebih banyak dibadingkan dengan PON sebelumnya. Bila PON 2020 di Papua meraih 28 emas diharapkan meningkat menjadi 50-60 emas dalam PON 2024.
 
Menurut Ketua Umum KONI Bali I Gusti Ngurah Oka Darmawan pada Rabu (30/8), optimisme jumlah medali akan meningkat karena jumlah cabor lebih banyak. Penambahan cabor itu juga diyakini menambah jumlah raihan medali emas. Menurutnya, Bali pada PON Papua 2020 meraih 28 medali emas dari 37 cabor yang dipertandingkan. Nah, di PON 2024 nanti jumlah cabor yang dipertandingkan lebih banyak, yakni 67 cabor.  Oka Darmawan pun berharap jumlah medali emasnya juga meningkat. 

"Penambahan jumlah cabor menjadi 67 itu kan ada banyak nomor atau emas diperebutkan di satu cabor, sehingga kita yakin akan dapat 50-60 medali emas. Jadi, target kita jumlah medali emas yang diperbanyak," kata Oka Darmawan, yang juga mantan Sekum KONI Bali itu.

Namun terlepas dari hal itu, kata Oka Darmawan, realita yang ada juga perlu melihat keadaan sebenarnya dan perkembangan olahraga di Bali sendiri, serta perkembangan lawan. Sebab, lawan juga pasti berupaya meningkatkan prestasinya selama ini. Meski demikian, atlet Bali juga selalu berupaya all out saat tampil di ajang nasional.
 
Menurut Oka Darmawan, semua kelemahan dan kekurangan justru dipakai sebagai pemicu semangat atlet Bali. Untuk itu dia berharap potensi cabor dimaksimalkan untuk bisa mewujudkan medali. Dia berharap tidak hanya KONI Bali saja yang punya greget, tetapi pengurus cabor juga. 

“Rasa optimisme itu juga diharapkan tumbuh dari atlet itu sendiri untuk menjadi yang terbaik dalam PON 2024 nanti,”kata Oka Darmawan.dek

Komentar