nusabali

Gandeng Tangan, Santap Siang hingga Blusukan ke Pasar

Momen Akrab Ganjar dan Prabowo Bersama Presiden Jokowi

  • www.nusabali.com-gandeng-tangan-santap-siang-hingga-blusukan-ke-pasar

PEKALONGAN, NusaBali - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto santap siang di sela kegiatan di Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (29/8).

Momen akrab Prabowo dan Ganjar Pranowo di Pekalongan, Jawa Tengah ini tentu saja menjadi menarik di tengah suhu politik yang kian memanas jelang Pilpres 2024. Prabowo dan Ganjar sendiri masing-masing diusung partainya (PDIP dan Gerindra) beserta koalisi menjadi Calon Presiden (Capres) di Pilpres 2024.

Momen santap siang bersama ini disampaikan Koordinator Staf Khusus Presiden AAGN Ari Dwipayana melalui keterangan tertulis kepada wartawan di Jakarta. Ari Dwipayana membagikan foto-foto kegiatan Presiden santap siang bersama dalam akun Instagram @dwipayanaari. Menurut Ari Dwipayana, santap siang itu dilakukan setelah Presiden menghadiri acara Muktamar Sufi di Pekalongan.

Pada Muktamar Sufi itu Ganjar hadir selaku Gubernur Jateng, sementara Prabowo Subianto selaku Ketua Panitia Muktamar.

"Ini suasana makan siang setelah Muktamar (Sufi) di rumah makan Teras Bali Kota Pekalongan," kata Ari saat dikonfirmasi wartawan dari Jakarta, Selasa kemarin. Dalam foto tidak hanya Ganjar dan Prabowo yang ikut makan siang dengan Presiden, namun tampak juga Menteri Sekretaris Negara Pratikno, istri Ganjar Pranowo Siti Atikoh dan Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid. Mereka tampak tengah menikmati durian.

Foto: Presiden Jokowi santap siang dengan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto di Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (29/8). -IST

Ari Dwipayana mengatakan suasana santap siang berjalan santai. Usai santap siang Presiden didampingi Ibu Negara serta rombongan termasuk Ganjar dan Prabowo blusukan ke Pasar Grogolan Pekalongan. Di hari yang sama Presiden Jokowi juga turun ke pasar mengecek harga bahan pokok di Pasar Tradisional Grogolan Baru, Kelurahan Landungsari, Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Di moment itu, Presiden Jokowi didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bersama sang istri Siti Atikoh Supriyanti.

Warga dan pedagang pun antusias menyambut kedatangan mereka. Tak sedikit yang berebut salam dan berfoto bersama ketiganya. Jokowi menjelaskan kunjungan ke pasar merupakan aktivitas rutin setiap ke daerah. Tujuannya untuk memantau harga komoditas di pasar. "Ke setiap kota, ke setiap kabupaten, ke setiap provinsi saya cek selalu pasar mengenai harga-harga. Di sini baik, yang sedikit naik beras. Yang lain saya kira banyak yang turun. Bawang merah turun, daging ayam juga, telur juga," kata Jokowi dalam keterangan tertulis, Selasa kemarin dilansir detik.com.

Di akhir tinjauannya, Jokowi sempat mendekati Prabowo dan Ganjar yang sedang berinteraksi. Kemudian Jokowi menujuk Ganjar dengan jari telunjuknya. Sontak para warga dan pedagang di pasar tersebut menyambut histeris gestur Jokowi. Mereka langsung meneriakkan dukungannya kepada Ganjar sebagai Presiden 2024.

"Pak Jokowi! Pak Ganjar Presiden! Pak Ganjar Presiden! Hidup Pak Ganjar!" teriak para warga kepada Ganjar. Jokowi yang mendengar hal tersebut seketika tersenyum. Dia pun menunjukkan gestur 'oke' dengan mengacungkan jari jempol.

Kemudian Ganjar dan Prabowo tampak bersalaman. Mereka memperlihatkan kedekatannya dengan warga dan pedagang yang hadir.

Prabowo dan Ganjar berpose salam komando di dekat Jokowi. Momen itu terekam lewat video yang diunggah di Instagram Koordinator Staf Khusus, Ari Dwipayana, Selasa kemarin. Masyarakat yang berada di pasar histeris dengan kedatangan Jokowi bersama Prabowo dan Ganjar. Prabowo kemudian merangkul Ganjar yang berada di sebelahnya. Keduanya berpose dengan mengepalkan tangan. Lalu Prabowo dan Ganjar juga berpose salam komando. Mereka tersenyum sambil menghadap ke arah warga.

Sementara ketika menghadiri acara Muktamar Sufi Internasional 2023 di Pekalongan, Selasa kemarin sejumlah pihak mendampingi Jokowi saat pemukulan beduk sebagai tanda dimulainya acara Muktamar Sufi, termasuk Prabowo dan Ganjar. Setelah itu, Jokowi menyalami para pejabat tersebut. Prabowo dan Ganjar pun turut bersalaman. Jokowi selanjutnya berjalan kembali menuju kursi. Pada momen inilah, Prabowo dan Ganjar berjalan menuruni tangga panggung dengan bergandengan. Keduanya berpegangan tangan sambil tertawa bersama. Mensesneg Pratikno juga ikut tertawa di sebelah Prabowo. Kemudian mereka pun kembali ke kursi masing-masing. 7 ant

Komentar