nusabali

Hasil Asesmen Nasional Dimuat dalam Rapor Pendidikan

  • www.nusabali.com-hasil-asesmen-nasional-dimuat-dalam-rapor-pendidikan

AMLAPURA, NusaBali - Sejumlah SMA/SMK negeri dan swasta di Karangasem mulai menggelar asesmen nasional (AN). Hasil AN ini nanti dimuat dalam rapor pendidikan dalam program dapodik (data pokok pendidikan).

Ketua MKKAS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMA Negeri Karangasem Wayan Sugiana melaporkan, pelaksanaan AN hari pertama tanpa hambatan. Kepada NusaBali, dia memaparkan hal itu di ruang kerjanya, SMAN 3 Amlapura, Banjar Dangin Sema, Desa Seraya, Kecamatan Karangasem, Senin (28/8).

Sugiana menjelaskan, hasil dari AN itu nantinya akan dimuat pada rapor pendidikan. Data setiap siswa dimuat sehingga ke depan bisa melakukan evaluasi. Jika rapor pendidikannya rendah, terutama di bagian literasi dan numerasi, pihak satuan pendidikan hendaknya berupaya mencari akar permasalahannya.

"Selanjutnya melakukan perencanaan berbasis data (PBD), nanti membuat kegiatan dengan dana BOS (bantuan operasional sekolah), tercantum dalam RKAS (rencana kegiatan dan  anggaran sekolah) tahun berikutnya," jelas mantan Kasek SMAN 1 Amlapura, SMAN 2 Amlapura dan SMAN Bebandem ini.

Jelas dia, pada rapor pendidikan itu menampilkan hasil assessment dan survei nasional satuan Pendidikan. Rapor pendidikan juga sebagai acuan dalam mengidentifikasi masalah untuk membenahi kualitas pendidikan. Sugiana yang juga Kasek SMAN 3 Amlapura ini mengatakan, di sekolahnya melibatkan 45 siswa kelas XI ikut AN. Hari pertama, bidang literasi dan survei karakter, menyusul hari kedua, Selasa (29/8) tentang numerasi dan survei lingkungan.

Sementara itu, Kasek SMAN 1 Amlapura I Ketut Marta Ariana juga mengaku tengah menggelar AN.  Secara teknis, jelasnya, tidak ada hambatan. Seluruh fasilitas berupa komputer dan perangkat internet, tersedia dengan melibatkan 45 siswa kelas XI. "Nanti kan hasilnya tertuang dalam rapor pendidikan, menjadi satu data sekolah," katanya.

Berdasarkan data pada rapor pendidikan, lanjut Marta Ariana, sebagai acuan menyusun RKAS, dan program perencanaan pendidikan ke depan. 

Kasek SMK Widya Wisata Graha Amlapura Dr Ni Nyoman Supadmi mengikuti AN, melibatkan 27 siswa. "Sebab, hanya sebanyak itu kami punya siswa kelas XI," katanya. Di Karangasem ada 9 SMA negeri, 9 SMA swasta, satu MAN, 6 SMK negeri dan 6 SMK swasta. Sebagian sekolah melaksanakan AN gelombang I, dan sebagian AN gelombang II.7k16

Komentar