nusabali

Bupati Suwirta Tindak Lanjut Bedah Desa di Nusa Penida

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-tindak-lanjut-bedah-desa-di-nusa-penida

SEMARAPURA, NusaBali - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Pj Sekda Klungkung Dewa Gde Darmawan memimpin pelaksanaan tindak lanjut bedah desa di Desa Batununggul, dan Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Senin (28/8).

Tindak lanjut bedah desa merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui progress atau perkembangan terhadap pelaksanaan program inovasi Bedah Desa yang berfokus kepada aspek kemiskinan, kesehatan, pendidikan, dan pemberdayaan masyarakat.

Bupati Suwirta berpesan kepada masyarakat agar menanamkan konsep memiliki Nusa Penida. Mengajak masyarakat agar tidak terlalu bergantung pada sektor pariwisata. Masyarakat diajak menghidupkan kembali kegiatan di bidang pertanian, peternakan, dan sektor lainnya. Bupati Suwirta juga mengingatkan petugas kesehatan tetap mengawasi perkembangan balita yang mengalami stunting. Menganggarkan pembelian susu untuk balita stunting serta mengevaluasi balita yang minum susu dan yang tidak. 

Pada bidang pendidikan, Bupati Suwirta menugaskan perangkat desa untuk mendata generasi mudanya yang mengalami putus sekolah. Terkait air, Bupati Suwirta meminta masyarakat untuk bersabar karena PDAM sedang mengadakan perbaikan jaringan air di wilayah Nusa Penida. Bupati Suwirta selanjutnya memberikan 6 bantuan kepada balita stunting dan meninjau sekaligus menyerahkan sembako kepada 4 orang penerima bedah rumah. Meninjau tanggul pantai sepanjang Pura Dalem di Dusun Semaya, Desa Suana, tembok panyengker SDN 3 Batununggul, penyerahan sembako kepada penyandang disabilitas I Ketut Sumada dan penyandang difabel I Putu Ada Putra.

Turut mendampingi Bupati Suwirta melaksanakan tindak lanjut bedah desa yakni pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Klungkung, Forkopincam Nusa Penida, dan undangan lainnya. @ wan

Komentar